Doa Ketika Menghadapi Masalah dan Kesulitan Dalam Kehidupan Dunia

Doa Ketika Menghadapi Masalah dan Kesulitan Dalam Kehidupan Dunia

--

SURABAYA, MEMORANDUM - Manusia hidup di dunia terkadang mengalami rasa senang, terkadang duka, ada kalanya menghadapi kesulitan, ada kalanya memperoleh kemudahan.

Kehidupan yang kekal hanya di akhirat, penghuni surga selama-lamanya akan merasakan kesenangan, kemudahan, kegembiraan. Sementara penghuni neraka selama-lamanya merasakan kesedihan, kesulitan, kesakitan, karena siksaan yang diperolehnya.

Seorang Muslim diajarkan untuk bergantung kepada Allah dalam setiap keadaan, baik itu saat menghadapi kemudahan maupun kesulitan. 

Dan yang paling penting bagi setiap mukmin ketika dihadapkan pada kesulitan hidup adalah tidak berputus asa akan rahmat Allah, wujudnya dengan terus berdoa memohon pertolongan kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan-kemudahan. Berikut doanya :

BACA JUGA:Doa Meminta Keturunan yang Sholeh dan Sholehah, Lengkap Arab, Latin dan Terjemahnya

Doa Mohon Dimudahkan Urusan

اللَّهُمَّ لَا سَهِّلَ إِلَّا مَا جَعَلْتَهُ سَهْلًا وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحُزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلًا

Latin : Allahumma La sahla Illa ma ja'altahu Sahlan wa anta taj'alul huzna Idza syita sahla

Artinya : Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkaulah menjadikan kesedihan (kesulitan). Jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.

BACA JUGA:Maanfaat Memberikan Doa kepada Orang yang Sudah Meninggal

Doa saat Menghadapi Masalah Hidup yang Menumpuk

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ وَإِلَيْكَ الْمُشْتَكَى، وَأَنْتَ الْمُسْتَعَانُ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمِ.

Latin: Allahumma laka al-hamdu wa ilaika al-musytaka wa anta al-musta'aanu, wala haula wala quwwata illa billahi al-'aliyyi al-adziimi.

Artinya: Ya Allah, hanya milik-Mu segala puji, hanya kepada-Mu Zat yang dimintai pertolongan. Dan Engkaulah yang bisa diminta pertolongan. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali Allah yang Mahatinggi dan Mahaagung.

Sumber: