Pastikan Keberadaan Orang Asing, Divisi Imigrasi Sulawesi Utara Gelar Operasi Gabungan

Pastikan Keberadaan Orang Asing, Divisi Imigrasi Sulawesi Utara Gelar Operasi Gabungan

Petugas gabungan foto bersama usai kegiatan pengawasan.--

MINAHASA, MEMORANDUM - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara, Ronald Lumbuun melepas Tim Pengawasan Orang Asing Sulawesi Utara untuk melaksanakan operasi gabungan memaksimalkan pelanggaran orang asing di Minahasa Utara.

Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) adalah bentuk sinergi antara berbagai lembaga dan instansi terkait, dengan tujuan utama meningkatkan pengawasan terhadap aktivitas orang asing di wilayah Sulawesi Utara. 

Kegiatan operasi gabungan ini dipimpin oleh Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Arthur Lucky Mawikere.

BACA JUGA:DPMPTSP Dapat Penghargaan dari Kanwil Kemenkumham Sulut

"Kegiatan ini diikuti oleh berbagai perwakilan para stakeholder. Tujuaanya untuk memaksimalkan pengawasan terhadap orang asing," ujar Arthur, mendampingi Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulut Syamsul Efendi Sitorus, Kamis, 16 November 2023.

Lokasi operasi gabungan yang dilaksanakan kemarin di Kabupaten Minahasa Utara itu, tim mendatangi  PT. MSM. Di lokasi tim memerikas WNA Australia yang bekerja.

Lalu di  Hotel Paradise Resort, tim juga melakukam pemeriksaan terdapat tenaga kerja asing asal negara Kamboja pemegang izin tinggal tetap dan warga negara Korea Selatan dengan izin tinggal terbatas. 

BACA JUGA:Turnamen Basket 3-on-3 Meriahkan Hari Kemenkumham Ke-78 di Sulut

"Kegiatan operasi gabungan kemarin ini, berjalan dengan baik dan tidak ditemukan pelanggaran keimigrasian ataupun pelanggaran pada instansi lainnya," sambung Syamsul.

Dalam operasi gabungan kemarin diikuti oleh berbagai perwakilam instansi, antara lain Kesbangpol Provinsi Sulawesi Utara, Disnaker Provinsi Sulawesi Utara, Polda Sulawesi Utara, Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, Kodam XIII / Merdeka, BAIS TNI, BINDA Sulawesi Utara, Kantor Imigrasi Manado, Kantor Imigrasi Bitung, Rumah Detensi Imigrasi Manado, dan Divisi Keimigrasian.(mik)

Sumber: