Pj Wali Kota Malang Apresiasi Kelurahan STBM

Pj Wali Kota Malang Apresiasi Kelurahan STBM

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyemangati perwujudan kelurahan STBM.-Biro Malang-

MALANG, MEMORANDUM - Pj Wali Kota Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM memotivasi untuk mewujudkan seluruh kelurahan di Kota Malang menjadi kelurahan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Hingga kini belum semua kelurahan di Kota Malang menjalankan program nasional STBM.

Pj Wali Kota Malang mengharapkan untuk meningkatkan kinerja dalam mewujudkannya. “Saya berharap Dinas Kesehatan Kota Malang tetap meningkatkan program agar seluruh kelurahan di Kota Malang menjadi kelurahan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM),” katanya di sela-sela sambutan pada Monev Implementasi STBM 5 Pilar Berkelanjutan di Ascent Hotel Malang, Selasa 14 November 2023.

Dikatakan, dengan menjalankan kriteria menuju STBM seperti terbebas dari kasus BABS, masyarakat memiliki budaya mencuci tangan pakai sabun (CTPS), ada pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga (PAM-RT), ada sistem pengelolaan sampah rumah tangga, serta pengelolaan limbah cair rumah tangga dan sanitasi.

BACA JUGA:Pemkot Malang Siap Fasilitasi Warga Terdampak TPA Supit Urang

Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat adalah melalui program nasional STBM. Di tahun 2023, ada 3 Kelurahan yang menerima sertifikat kelurahan STBM 5 pilar, yaitu Kelurahan Arjowinangun, Lesanpuro dan Balearjosari. Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Pj Wali Kota Wahyu Hidayat.

Pj Wali Kota Malang menekankan meskipun Kota Malang dinyatakan bebas dari kasus Buang Air Besar Sembarangan (BABS) sejak 2019 lalu, diharapkan seluruh kelurahan di Kota Malang dapat segera menjadi Kelurahan STBM.

“Hal ini penting kita wujudkan bersama untuk menuju deklarasi  STBM Kota Malang. Tujuannya bukan saja untuk sanitasi yang lebih baik tapi juga untuk mewujudkan zero stunting dan menekan munculnya penyakit-penyakit di Masyarakat,” terangnya.

BACA JUGA: Pemkot Malang Kenalkan 'Ojir' ke Masyarakat Binaan Baznas

Sinergi lintas sektor, menurutnya harus terus dikuatkan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat termasuk kaitannya dengan STBM.

“Untuk itu, saya berharap evaluasi kali ini mampu memberikan hasil yang terbaik bagi pelaksanaan pembangunan di bidang kesehatan khususnya STBM,” jelasnya.(pkp/ari)

Sumber: