Fakultas Pertanian Unej Gelar Seminar Nasional Hari Pangan Sedunia

Fakultas Pertanian Unej Gelar Seminar Nasional Hari Pangan Sedunia

Ratusan Mahasiswa Fakultas Pertanian Unej Jember ikuti Seminar bertajuk Inovasi Teknologi dan Korporasi Pertanian dalam Mendukung Kedaulatan Pangan-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Fakultas Pertanian Universitas Jember (Unej) menggelar Seminar Nasional Hari Pangan Sedunia bertajuk Inovasi Teknologi dan Korporasi Pertanian dalam Mendukung Kedaulatan Pangan di gedung Sutardjo, Selasa 14 November 2023.

Seminar diikuti tidak hanya ratusan mahasiswa Fakultas Pertanian Unej saja tapi juga perwakilan mahasiswa Fakultas Pertanian dari berbagai perguruan tinggi di Jember. Seminar dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian Unej, Prof. Triono.

Dalam sambutannya, Prof Triono menyampaikan, saat untuk menjaga kedaulatan pangan dibutuhkan teknologi, dan inovasi serta Korporasi ada perkembangan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas khususnya untuk pangan.

BACA JUGA: Raih Suara Terbanyak dalam Rapat Tertutup Pemilihan Rektor, Iwan Taruna Berpeluang Kembali Pimpin Unej Jember

"Semua itu untuk upaya mencapai ketahanan pangan dan kedaulatan pangan, dimana di tahun 2045 cita-cita untuk mewujudkan impian swasembada pangan tercapai, karena merupakan salah satu tonggak kekuatan bangsa bisa mandiri tidak menggantungkan impor pangan lagi," beber Dekan fakultas Pertanian Prof Triono.

Bagaimana mana petani bisa hidup layak dan memproduksi pagan dengan baik, lanjut Prof Triono, yang mana lahan pertanian semakin tahun semakin berkurang dan menyusut. Apa yang harus dilakukan intensifikasi memanfaatkan lahan yang ada dengan teknologi tertentu.

"Menciptakan benih unggul dengan indeks pertanaman 300, setahun bisa menanam 3 Kali terus menerus, teknologi hilirisasi bahan-bahan pangan bisa untuk bahan produksi industri dan pembukaan lahan untuk meningkatkan produksi," pungkas Prof Triono.

BACA JUGA:Lima Bacarek Unej Sampaikan Visi, Misi dan Program Kerja

Seminar ini menghadirkan dua narasumber, yaitu pegiat Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Hudori SP dan Anggota Subdit Padi Irigasi dan Rawa Kementerian Pertanian Dr Fitrah Gunadi, S.TP, ME.

Dalam paparannya, Hudori menyampaikan bahwa kedaulatan pangan merupakan kemampuan suatu negara untuk memenuhi kebutuhan pangan rakyatnya secara mandiri.

"Untuk mencapai kedaulatan pangan, diperlukan inovasi teknologi dan korporasi pertanian," ujar Hudori.

BACA JUGA:Dosen dan Mahasiswa Unej Kampanye Anak Kita Harus Tinggi, Cerdas dan Sehat No Stunting

Sementara itu, Dr Fitrah Gunadi menyampaikan bahwa inovasi teknologi dapat meningkatkan produktivitas pertanian.

"Inovasi teknologi seperti penggunaan benih unggul, pupuk, dan pestisida yang tepat dapat meningkatkan produksi pangan," ujar Dr Fitrah Gunadi.

Selain itu, Dr Fitrah Gunadi juga menyampaikan bahwa korporasi pertanian dapat meningkatkan efisiensi produksi pangan.

"Korporasi pertanian dapat menyatukan petani untuk meningkatkan skala produksi," ujar Dr Fitrah Gunadi.

BACA JUGA:Tim PPK Ormawa Fakultas Farmasi Unej Jember Launching Rumah Toga di Desa Curahnongko

Ketua BEM Fakultas Pertanian Unej Delia Agustina Rachmawati berharap seminar ini dapat meningkatkan peran mahasiswa dalam menjaga kedaulatan pangan.

"Sebagai mahasiswa pertanian, kita harus memiliki peran dalam menjaga kedaulatan pangan," ujar Delia Agustina Rachmawati.

Seminar ini ditutup dengan diskusi dan tanya jawab antara peserta seminar dengan narasumber.(edy)

Sumber: