Bhabinkamtibmas Polres Lamongan Gelar Peddal Kamtibmas Bersama Warga Kembangbahu

Bhabinkamtibmas Polres Lamongan Gelar Peddal Kamtibmas Bersama Warga Kembangbahu

Bhabinkamtibmas Polsek Kembangbahu Bripka Nanang Sumantri melaksanakan Peddal Kamtibmas di Masjid Al Huda, Dusun Tanggungan, Desa Sidomukti, Kecamatan Kembangbahu, Lamongan.--

LAMONGAN, MEMORANDUM - Sebagai upaya mempererat keterlibatan polisi dalam kehidupan masyarakat, Bhabinkamtibmas Polsek Kembangbahu, Bripka Nanang Sumantri menggelar Peddal Kamtibmas. Kegiatan tersebut dilaksanakan di depan Masjid Al Huda, Dusun Tanggungan, Desa Sidomukti, Kecamatan Kembangbahu, LAMONGAN.

Pelaksanaan Peddal Kamtibmas (patroli edukasi dialogis deteksi dini dan loyalitas untuk keamanan dan ketertiban masyarakat) ini tidak hanya berfokus pada aspek keamanan, tetapi juga mengusung pendekatan binluh (bimbingan dan konseling) serta edukasi terkait tenggang rasa saat membunyikan sound system. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah mencegah terjadinya gangguan kamtibmas.

Bhabinkamtibmas yang bertugas di wilayah tersebut hadir secara langsung di tengah-tengah masyarakat.

“Kehadirannya bukan hanya untuk menjaga keamanan, tetapi juga untuk mendekatkan diri dengan warga, mempererat hubungan emosional, dan mendengarkan keluh kesah warga desa serta memberikan imbauan juga edukasi terkait tenggang rasa saat membunyikan sound system sehingga dapat mencegah gangguan kamtibmas,” ujar Bhabinkamtibmas Polsek Kembangbahu Bripka Nanang Sumantri mewakili Kapolres Lamongan AKBP Yakhob Silvana Delareskha SIK MSi.

BACA JUGA:Kapolres Lamongan Sambut Silaturahmi PC GP Ansor

Dalam interaksi dengan warga, bhabinkamtibmas memberikan ruang bagi mereka untuk menyampaikan masalah atau informasi yang dihadapi.

“Hal ini bertujuan untuk menghindari sumbatan komunikasi antara warga dan polisi, sehingga kolaborasi antara masyarakat dan kepolisian dapat berjalan lebih efektif,” jelas Nanang.

Nanang menambahkan, kehadiran bhabinkamtibmas juga dimanfaatkan sebagai sarana untuk memberikan imbauan, edukasi, dan sosialisasi terhadap masyarakat.

“Edukasi ini mencakup berbagai aspek, mulai dari aturan lalu lintas, keamanan lingkungan, hingga penyuluhan mengenai potensi bahaya yang mungkin dihadapi oleh masyarakat,” tambahnya.

BACA JUGA:Pastikan Pemilu Damai, Forum Silaturahmi Kamtibmas Digelar Polres Lamongan

Dengan adanya hubungan yang baik antara bhabinkamtibmas dan warga, diharapkan bhabinkamtibmas dapat lebih cepat mendeteksi embrio permasalahan sebelum berkembang menjadi masalah nyata (deteksi dini).

“Melalui upaya Peddal Kamtibmas, diharapkan tercipta lingkungan yang aman, nyaman, dan harmonis di Desa Sidomukti. Kolaborasi antara bhabinkamtibmas dan masyarakat diharapkan dapat memperkuat fondasi keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di wilayah Kembangbahu,” pungkas Nanang.(hms/fer)

Sumber: