6 Pilihan Buah yang Mengandung Asam Folat, Baik untuk Kesehatan Tubuh

6 Pilihan Buah yang Mengandung Asam Folat, Baik untuk Kesehatan Tubuh

buah yang mengandung asam folat--

SURABAYA, MEMORANDUM - Orang dewasa membutuhkan asam folat minimal 400 mikrogram per hari. Sementara itu, wanita yang sedang merencanakan kehamilan atau sedang hamil disarankan untuk mengonsumsi sekitar 400–1.000 mikrogram asam folat sehari.

Asam folat bisa ditemukan di dalam banyak jenis makanan, termasuk buah-buahan. Buah yang mengandung asam folat tergolong mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau.

BACA JUGA:Hidung Tersumbat! Berikut Adalah Penyebab dan Tips Mudah Mengatasinya

BACA JUGA:Sakit Kepala Bagian Sebelah Kiri, Apa Sih Penyebabnya? Yuk Ketahui

Berikut Ragam Pilihan Buah yang Mengandung Asam Folat

1. Alpukat

Dalam setengah buah alpukat terkandung sekitar 82 mikrogram asam folat. Dengan jumlah asam folat yang tergolong cukup banyak ini, makan setengah alpukat saja sudah bisa memenuhi sekitar 20% kebutuhan harian tubuh akan nutrisi ini.

2. Jeruk

Salah satu buah yang mengandung asam folat dengan jumlah yang cukup banyak adalah jeruk. Satu buah jeruk berukuran besar mengandung sekitar 55 mikrogram asam folat. Jumlah ini sudah mampu memenuhi sekitar 14% kebutuhan harian tubuh akan nutrisi ini.

3. Pepaya

Pepaya juga termasuk ke dalam pilihan buah yang mengandung asam folat. Dalam 100 gram pepaya terkandung sekitar 37 mikrogram asam folat atau setara dengan 12–13% dari kebutuhan harian tubuh.

Namun, pastikan pepaya yang Anda konsumsi telah matang dengan sempurna, apalagi bila Anda sedang hamil. Konsumsi pepaya mentah dalam jumlah besar diketahui bisa menyebabkan kontraksi dini pada ibu hamil.

BACA JUGA:Ini Penyebab Tubuh Selalu Terasa Lelah

BACA JUGA:Waspadai! Ini dia 5 Penyakit Penyerta Musim Hujan

Sumber: