Mengenal 10 Jenis Lensa Kamera DSLR yang Perlu Diketahui Fotografer Pemula

Mengenal 10 Jenis Lensa Kamera DSLR yang Perlu Diketahui Fotografer Pemula

kamera digital--

SURABAYA, MEMORANDUM - Dalam aktifitas fotografi, pemilihan lensa sangat penting karena Lensa Kamera sebuah mata dari kamera digital. Tanpa lensa, kamera tidak bisa digunakan, sepertihalnya mata manusia.

Komponen paling penting dalam kamera ini berfungsi untuk memfokuskan cahaya dari objek yang akan difoto dan membentuk gambar pada sensor kamera. Lensa terdiri dari beberapa elemen optik yang bekerja sama untuk mengarahkan cahaya dengan tepat.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Lensa Nikon Terbaik di Indonesia

Berikut jenis lensa DSLR serta dipakai memotret sesuai kebutuhan yang berbeda-beda :

1. Lensa Kit (Lensa Bawaan)

Lensa kit adalah lensa bawaan yang sudah termasuk dalam paket saat membeli kamera. Ukuran lensa kit pada umumnya adalah 18-55 mm dengan jarak fokal yang lebar. 

Namun, bukaan atau aperture lensa ini tidak maksimal sehingga autofocus-nya lambat. Makanya, lensa ini lebih cocok untuk pemotretan statis dan bersudut lebar.

2. Lensa Fix (Lensa Prime)

Lensa kamera fix menghasilkan kualitas gambar yang tajam dalam situasi apapun, khususnya fotografi landscape, portrait, foto-foto pernikahan, dan panorama. Selain itu, juga bagus untuk memotret pada pencahayaan yang minim atau remang-remang tanpa perlu menggunakan ISO tinggi.

 

3. Lensa Standar (Lensa Normal)

Lensa standar biasanya berukuran 40-60 mm yang bagus untuk memotret foto-foto lanskap. Gambar yang ditangkap oleh kamera akan sangat mirip seperti yang dilihat mata manusia.

4. Lensa Sudut Lebar (Wide Angle Lens)

Wide angle lens adalah jenis lensa untuk menangkap area yang luas dalam satu bidang foto, maka lensa bersudut lebar sangat cocok untuk foto-foto landscape. Dengan ukuran lensa rata-rata 17-40mm, fotografer dapat mendapatkan porsi pemandangan yang lebih banyak dan hasil gambar jauh lebih jelas.

Sumber: