Keren! Inilah 5 Fakta Menarik Tentang Martha Christina Tiahahu, Perempuan Pejuang dari Maluku

Keren! Inilah 5 Fakta Menarik Tentang Martha Christina Tiahahu, Perempuan Pejuang dari Maluku

--

BACA JUGA:Meneladani Makna Hari Pahlawan Bagi Anak.

2. Pernah dipenjara oleh Belanda

Pada tahun 1818, Martha Christina Tiahahu dan pasukannya berhasil ditangkap oleh Belanda. Mereka kemudian dipenjara di Pulau Jawa.

Selama di penjara, Martha Christina Tiahahu tetap menunjukkan semangat perjuangannya. Ia bahkan sempat memimpin pemberontakan di penjara, namun pemberontakan tersebut berhasil dipadamkan oleh Belanda.

BACA JUGA:Sejarah Hari Pahlawan 10 November

BACA JUGA:Link Twibon dan Sejarah Peringatan Hari Pahlawan Nasional

3. Meninggal di usia muda

Martha Christina Tiahahu meninggal dunia pada usia 18 tahun, pada tanggal 2 Januari 1818. Ia meninggal dunia di atas kapal Eversten, saat dalam perjalanan dari Ambon ke Jawa.

Penyebab kematian Martha Christina Tiahahu tidak diketahui secara pasti. Namun, ada yang mengatakan bahwa ia meninggal dunia karena sakit, ada juga yang mengatakan bahwa ia meninggal dunia karena disiksa oleh Belanda.

 

4. Dimakamkan di Laut Banda

Jenazah Martha Christina Tiahahu dibuang ke Laut Banda atas perintah Komandan Ver Huell. Hal ini dilakukan sebagai bentuk hukuman dan peringatan bagi para pejuang lainnya.

Namun, pada tahun 1974, jenazah Martha Christina Tiahahu berhasil ditemukan dan dimakamkan kembali di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta.

 

5. Ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional

Sumber: