Ubaya Jalin Kerjasama dengan Nexmedis dalam Bidang Teknologi AI Kesehatan

Ubaya Jalin Kerjasama dengan Nexmedis dalam Bidang Teknologi AI Kesehatan

Ubaya Jalin Kerjasama dengan Nexmedis dalam Bidang Teknologi AI Kesehatan--

SURABAYA, MEMORANDUM - Universitas Surabaya (Ubaya) menjalin kerjasama dengan Nexmedis dalam bidang teknologi kecerdasan buatan (AI) kesehatan. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor Ubaya Dr Benny Lianto dan Dirut Nexmedis Yehuda Dani Utomo, di Kampus Ubaya, Rabu, 1 November 2023.

Kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan dan memanfaatkan teknologi AI kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Kedua pihak akan bekerja sama dalam penelitian, pengembangan, dan penerapan teknologi AI kesehatan.

"Kerjasama ini sejalan dengan rencana pengembangan Ubaya dan Pemerintah Provinsi Jatim dalam penerapan dan pengembangan AI pada sektor kesehatan," ungkap Dr Benny Lianto.

Menurut Dr Benny, kerjasama ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

"Ubaya memiliki keunggulan dalam bidang pendidikan dan penelitian, sedangkan Nexmedis memiliki keunggulan dalam bidang teknologi AI kesehatan. Kerjasama ini akan saling melengkapi dan menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Yehuda Dani Utomo menyambut baik kerjasama ini. Ia berharap kerjasama ini dapat menghasilkan produk-produk AI kesehatan yang inovatif dan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Kami percaya bahwa teknologi AI dapat menjadi solusi bagi berbagai masalah kesehatan. Kerjasama ini akan menjadi platform bagi kami untuk mengembangkan dan menerapkan teknologi AI kesehatan di Indonesia," ujarnya.

Yehuda Dani Utomo mengatakan pihaknya melihat adanya potensi kerjasama dalam implementasi AI antara Nexmedis dengan Fakultas Kedokteran, Farmasi, Bioteknologi dan Teknis.

"Sehingga hal ini dapat terselenggaranya sebuah pengembangan yang berkesinambungan bukan hanya dalam hal diagnosis oleh dokter yang dibantu oleh AI Nexmedis, tetapi juga peningkatan Medical treatment kepada pasien sehingga terus berkelanjutan," ujar Yeye, panggilan karib Yehuda Dani Utomo.(*)

Sumber: