JFC 2023 Ajang Peningkatan Kualitas dan Promosi Kopi Kebanggaan Jombang

JFC 2023 Ajang Peningkatan Kualitas dan Promosi Kopi Kebanggaan Jombang

Pj Bupati Jombang bersama Ketua Tim Penggerak PKK mengunjungi stan JFC 2023. -Biro Mojo-

JOMBANG, MEMORANDUM - Pemkab JOMBANG melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten JOMBANG menggelar JOMBANG Coffee Fest (JCF) 2023 di halaman parkir Gedung DPRD Kabupaten JOMBANG

JCF yang diadakan selama dua hari 25-26 Oktober ini, bertujuan untuk meningkatkan informasi pasca panen kopi dari ahli peneliti, disertai diskusi antar penggiat kopi untuk mendapatkan informasi, ide, inspirasi serta promosi produk kopi Jombang

JFC yang dibuka Pj Bupati Jombang Sugiat bersama Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang, Yayuk Dwi Irawanti kemarin, dihadiri oleh Asosiasi Kopi Wonosalam dan pelaku usaha cafe di Kabupaten Jombang, serta luar Kabupaten Jombang. 

BACA JUGA:Komitmen Selamatkan Situs Cagar Budaya, Disdikbud Jombang Lakukan Ekskavasi

Pj. Bupati Jombang , Sugiat mengatakan, bahwa ia menyambut positif kegiatan Jombang Coffee Fest 2023. Melalui Jombang Coffee Fest 2023, pemerintah akan mendengarkan pendapat dan informasi dari para ahli mengenai peningkatan kualitas pasca panen kopi. 

"Hingga bagaimana pemasarannya. Ini sinergitas pemerintah dan pelaku usaha dalam meningkatkan perekonomian pelaku UMKM di Jombang," katanya, Kamis 26 Oktober 2023.

Sugiat menjelaskan, Disdagrin Jombang telah beberapa kali memberikan fasilitasi, yaitu pelatihan dan bantuan alat roasting, promosi tingkat lokal hingga nasional. 

BACA JUGA:Stabilisasi Stok dan Harga Pangan, Pj Bupati Jombang Gelar Operasi Pasar

"Dan salah satunya yang dilaksanakan sekarang ya Festival Kopi Jombang 2023 ini," tukasnya. 

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) Kabupaten Jombang, Suwignyo menyampaikan, Jombang Coffee Fest (JCF) 2023 mampu menciptakan dan mewujudkan kopi Jombang menjadi raja di Kabupaten Jombang dan secara nasional dengan inisiasi Ketua Dewan  Rakyat Daerah bisa terlaksana dengan baik. 

"Kopi menjadi salah satu ikon terbaik Kabupaten Jombang karena sudah merambah pasar ekspor dari beberapa negara Malaysia,Turki, Brunei Darussalam, dan selanjutnya akan ke Amerika," ujarnya. 

Suwignyo mengungkapkan, saat ini sudah berjalan sentra ekspor dari Surabaya. Ia berharap 50 cafe di Kabupaten Jombang yang mengikuti Jombang Coffee Fest (JCC) 2023 menggunakan kopi Excelsa sebagai dasar pembuatan kopi. 

BACA JUGA:Pemkab Jombang Rotasi Ratusan Pejabat, Ini Daftarnya

"Karena (kopi excelsa) menjadi kebanggaan Indonesia, khususnya Kabupaten Jombang. Sehingga para pecinta kopi bisa menikmati kopi produksi Kabupaten Jombang," ungkapnya. 

Sumber: