Prabowo Subianto Umumkan Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres

Prabowo Subianto Umumkan Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres

Poto Prabowo dan Gibran sebagai capres dan cawapres tersebar di medsos.--

JAKARTA, MEMORANDUM - Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Gerindra dan calon presiden untuk pemilihan presiden Indonesia 2024, telah mengumumkan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presidennya.

"Kita telah berembuk dan mencapai konsensus untuk mencalonkan Prabowo Subianto sebagai calon presiden Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan Saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo di kediamannya di Jakarta Selatan pada Minggu 22 Oktober 2023.

Prabowo menegaskan bahwa tidak ada yang perlu ditanyakan lagi tentang keputusan tersebut, karena itu adalah konsensus dari partai-partai koalisi KIM.

"Tidak perlu ada yang ditanyakan lagi ini keputusan, afirmasi bulat dan konsensus dan kita siap maju untuk Indonesia Maju," ujarnya.

BACA JUGA:Pencalonan Prabowo-Gibran, Pengamat Unair: Penegasan Rangkaian Penyalahgunaan Kekuasaan

Para ketua umum partai politik (ketum parpol) Koalisi Indonesia Maju (KIM) berkumpul di rumah bakal capres Prabowo Subianto malam ini. Mereka menggelar rapat finalisasi terkait cawapres.

Dalam kurun dua waktu terakhir, Gibran bergerak menemui ketum-ketum parpol KIM yang mengusung Prabowo. Gibran menemui Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di kediaman mereka masing-masing. Gibran juga menemui Ketum Golkar Airlangga Hartarto di acara Rapimnas Golkar.

Sebelumnya, Prabowo Subianto mengaku sudah komunikasi dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait dinamika politik di koalisinya yang santer mengusung Gibran sebagai bacawapres. 

BACA JUGA:Golkar Resmi Dukung Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Prabowo menyebut dirinya sebagai warga Indonesia tentu menghormati adat budaya kulo nuwun atau permisi. Termasuk ketika Golkar sebagai salah satu partai koalisi pengusungnya memutuskan Gibran sebagai bakal cawapres pendamping dirinya.

"Ya tentunya sebagai orang Indonesia dengan adat budaya kita, tentunya pasti kita menyampaikan keinginan dari partai-partai dan usulan kita," ujarnya.

Pengumuman Gibran sebagai cawapres Prabowo mengejutkan banyak orang, karena Gibran adalah politisi yang relatif muda dan belum berpengalaman. Namun, Gibran juga dipandang sebagai sosok yang populer, terutama di kalangan pemilih muda. Dia juga putra Presiden Jokowi, yang dapat membantu meningkatkan dukungan Prabowo dalam pemilihan mendatang.(ziz)

Sumber: