Kalahkan Incumbent, Tiga Kades Perempuan di Pasuruan Berjaya

Kalahkan Incumbent, Tiga Kades Perempuan di Pasuruan Berjaya

Tiga Kades Perempuan Berjaya di Pasuruan.--

PASURUAN, MEMORANDUM-Jangan remehkan kekuatan wanita. Jika sudah muncul the power of emak-emak, maka apapun bisa berubah. Seperti yang terjadi saat perhelatan Pilkades serentak di Kabupaten PASURUAN, Selasa, 10 Oktober 2023 lalu. Dari 46 desa yang menggelar Pilkades, ternyata ada 3 kades perempuan yang terpilih. 

Mereka adalah Sunariyah yang menang di Desa Nogosari Kecamatan Pandaan. Lalu, Hanik Mualifatul Ulum menang di Desa Patebon Kecamatan Kejayan. Dan Sumiyati yang berhasil mendapat simpati warga di Desa Rebono Kecamatan Wonorejo

Bahkan hebatnya lagi, ketiganya mengalahkan incumbent (petahana). Misalnya di Nogosari. Sunariyah mengalahkan incumbent Iswahyudi yang mendapatkan 1736 suara. Sunariyah bahkan tidak hanya berhadapan dengan incumbent saja. Tapi juga dikeroyok dengan 4 cakades laki-laki. Mereka adalah Abdul Wahab yang meraih 204 suara. Lalu, Sunariyah mendapat 1.825 suara. M Saiful Rizal dengan 426 suara. Dan Abdul Wahid dengan 109 suara. 

Setelah dianalisa, ternyata kekuatan Sunariyah lebih banyak pada kekuatan perempuan. Dari total suara sebanyak 4.445 pemilih, jumlah pemilih perempuan sebanyak 2.646. Sementara pemilih laki-laki sebanyak 2.568. “Wis milih wong wedok ae (Sudah pilih perempuan saja, red),” ujar beberapa pemilih perempuan dalam sebuah video di TPS Desa Nogosari. 

Hal yang sama juga terjadi di Desa Patebon Kecamatan Kejayan. Di desa ini terdapat 4 TPS. Dengan jumlah pemilih yang hadir sebanyak 1.639 orang. Dari jumlah itu, Hanik mampu unggul jauh atas dua kandidat laki-laki. Hanik menang dengan 901 suara. Mampu mengalahkan incumbent Abdul Rahman dan Muhammad Latif. Bahkan, andaikan dua suara laki-laki dijadikan satupun, Hanik masih unggul. incumbent Abdul Rahman berada di urutan ketiga dengan 228 suara. Dan Muhammad Latif dengan 454 suara. 

“Dulu bu Hanik itu tim suksesnya Pak Rahman. Dan memang orangnya baik. Jadi, saat orangnya nyalon ya banyak yang milih,” terang salah satu warga Patebon. 

Sementara kades perempuan terpilih lainnya, Sumiyati mampu berkibar di desa Rebono Kecamatan Wonorejo. Sumiyati unggul jauh atas incumbent Hamse. Dari surat suara yang sah, Sumiyati berhasil meang dengan 1.054 suara. Sementara, Hamse hanya separonya. Yakni 540 suara. Sementara, kandidat lainya, Dofir dengan 321 suara, Salim meraih 332 suara. Dan suara paling kecil adalah Muhammad Yasin dengan 59 suara. (mh)

Sumber: