Faktor Ekonomi Jadi Pemicu Tingginya Kriminalitas

Faktor Ekonomi Jadi Pemicu Tingginya Kriminalitas

Tokoh Masyarakat Ketintang Madya, Irwan Hidayat--

Surabaya, Memorandum - Untuk mencegah terjadinya kejahatan curat, curas, curanmor (3C), serta peredaran narkoba, tidak hanya polisi yang harus bertindak. Peran pemerintah kota (pemkot) yang harus aktif untuk meminimalisir terjadinya kejahatan. 

Tindak kejahatan yang selama ini terjadi pastinya tidak jauh dari faktor perut. Hal ini yang perlu diperhatikan pemkot. Pencegahan sejak dini dengan memberikan lapangan pekerjaan atau aktivitas yang menghasilkan uang. 

Inilah yang dikemukakan oleh Irwan Hidayat, Tokoh Masyarakat Ketintang Madya. Kejahatan 3C dan lainnya itu tergantung dari kondisi masyarakat. Masyarakat kebingungan karena kondisi ekonomi mereka yang stagnan. Apalagi generasi muda terus tumbuh yang sudah saatnya untuk memulai kehidupannya tapi karena faktor ekonomi kebutuhannya tidak bisa tercukupi. 

"Generasi muda kan tumbuh terus kan. Ketika dia sudah saatnya untuk start, ternyata dia mengalami situasi yang tak pernah dia bayangkan. Seperti ekonomi, kesulitan, pengangguran, jadi itu yang sebetulnya kecenderungan melakukan pelampiasan kepada kriminal," kata Irwan Hidayat. 

Di sisi lain, para generasi muda ini juga melihat ketimpangan yang mereka lihat secara langsung. Seperti saat mereka melihat di medsos (media sosial) yang menampilkan kemewahan para artis yang menimbulkan keinginan atau mimpi mereka. Hal ini lah yang mendasari mimpi generasi pelaku kriminal yang ingin juga seperti itu. 

"Tapi kan mereka tidak cukup bekal. Karena memang masalahnya dari keluarga inti mereka sendiri yang tidak cukup, kelaparan. Otomatis yang namanya agama mungkin tidak tersentuh karena perutku lapar. Disisi lain untuk membentengi diri dengan keagamaan, ya maklum lah, kan lebih dominan bagaimana mengisi kondisi perut dibandingkan dengan membahas agama," ujarnya. 

Irwan melanjutkan apabila kondisi perekonomian nyaman-nyaman saja, dan generasi muda ini memperoleh hasil yang pastinya tindak kriminal tidak sederas itu. 

"Sekarang apa yang harus dilakukan oleh negara, pemerintah, dan seterusnya. Sekarang pemerintah sendiri harus mengeremlah, tidak usah tampil yang terlalu hedon (terlalu boros) ikutilah tampilan mereka. Walapun secara finansial punya, tapi janganlah mereka tunjukkan," ungkapnya. 

Para generasi muda, kata Irwan Hidayat, sebenarnya mereka anak yang baik. Namun karena terhimpit ekonomi apasaja bisa mereka lakukan termasuk tindak kejahatan.

"Apabila mereka sejahtera, mereka tidak akan melakukan kriminal," pungkasnya.(rid)

Sumber: