Asep Sutandar, Kadiv Pemasyarakatan Kemenkumham Jatim yang Berdedikasi

Asep Sutandar, Kadiv Pemasyarakatan Kemenkumham Jatim yang Berdedikasi

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, Asep Sutandar.--

Surabaya, Memorandum - Asep Sutandar saat ini menjabat sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Timur, dan bukanlah sembarang pejabat di kalangan pelayanan masyarakat.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly memilih Asep Sutandar karena dedikasinya yang luar biasa dalam bidang pemasyarakatan.

Jawa Timur adalah wilayah yang membutuhkan pejabat yang kompeten. Tidak mudah bagi seseorang yang tidak memiliki kapabilitas untuk memimpin di sini. Banyak pejabat bersaing untuk mendapatkan posisi di Jawa Timur, namun seleksinya sangat ketat.

Sebelum menjabat sebagai Kalapas Sukamiskin dan Kalapas Kelas I Tangerang, pria kelahiran 1967 ini telah memegang posisi sebagai Kepala Lembaga Pemasyarakatan Madiun, Jawa Timur.

Oleh karena itu, nama Asep Sutandar sudah tidak asing di telinga masyarakat. Sebagai seorang pejabat di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), karirnya sangat cemerlang.

Dalam kepemimpinannya, ia selalu meninggalkan jejak yang baik di setiap institusi. Informasi mencatat bahwa Asep bahkan rela tidak pulang kampung selama 27 tahun demi melayani negara.

Dalam catatan kariernya, belum genap setahun Asep Sutandar pindah dari Lapas Sukamiskin ke Lapas I Madiun. Namun, atas panggilan dan kebutuhan organisasi, Asep dengan sigap memenuhi tugasnya di Tangerang.

Hal ini menunjukkan bahwa dinamika organisasi di Kemenkumham sangatlah dinamis. Pemilihan Asep Sutandar membuktikan bahwa ia bukanlah orang sembarangan.

Tak hanya itu, keputusan Kemenkumham menempatkan Asep Sutandar di Lapas Kelas I Tangerang juga tidak dilakukan tanpa pertimbangan. Di lembaga pemasyarakatan tersebut, mendiami para pejabat negara yang tersangkut kasus korupsi yang ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Contohnya, mantan Menteri Sosial, Juliari Batubara, mantan Menteri Perikanan dan Kelautan, Edhy Prabowo, dan mantan Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin.(mik/ziz)

Sumber: