Siskamling Penting untuk Meminimalisir Kejahatan dan Wujudkan Pemilu Damai

Siskamling Penting untuk Meminimalisir Kejahatan dan Wujudkan Pemilu Damai

Budi Leksono.--

Surabaya, Memorandum-DPRD Surabaya mendukung sistem keamanan lingkungan (siskamling) di setiap kampung Kota Pahlawan diaktifkan kembali. Selain mempererat hubungan antarwarga, gerakan siskamling sangat efektif menekan angka kejahatan dan menjaga kondusivitas jelang Pemilu 2024.

 

Sekretaris Komisi A DPRD Surabaya Budi Leksono menyampaikan, untuk menciptakan lingkungan yang aman dan tenteram tidak bisa dilakukan oleh beberapa instansi saja. Tetapi butuh pula kesadaran dari warga. Yakni, dengan menggalakkan kembali program siskamling.

 

"Siskamling di Surabaya perlu digalakkan lebih masif lagi. Beberapa kampung saat ini sudah jalan, tinggal serentak. Sebab melalui siskamling ini sangat efektif meminimalisasi terjadinya tindak kejahatan di permukiman warga," tutur Budi Leksono, Selasa (26/9).

 

Lebih lanjut, Buleks sapaan karib Budi Leksono menjelaskan, siskamling tidak hanya sekadar sarana keamanan dan menjadi penguat masyarakat dalam menghadapi berbagai persoalan kamtibmas. Namun, juga menjadi wadah bagi masyarakat untuk saling bertukar pikiran dalam memajukan lingkungan tempat tinggal.

 

"Keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) merupakan suatu kebutuhan yang tidak lepas dari jalannya roda pembangunan nasional secara umum, khususnya masyarakat untuk menjaga keamanan individu dan lingkungan," jelasnya.

 

"Nah, masalah kamtibmas ini diharapkan bukan semata-mata tanggung jawab polisi, namun menjadi tanggung jawab semua pihak, baik aparat keamanan, pemerintah, dan seluruh warga masyarakat secara terpadu mengupayakan kondisi kamtibmas yang terkendali," sambung politisi PDIP Surabaya ini.

 

Terlebih menjelang pelaksanaan Pemilu 2024, menurut Buleks, adanya siskamling dapat mendukung terciptanya kondusivitas selama pesta demokrasi tersebut berlangsung.

 

Sumber: