Ganjar Soal Konflik Rempang: Selesaikan dengan Dialog, Dengarkan Masyarakat

Ganjar Soal Konflik Rempang: Selesaikan dengan Dialog, Dengarkan Masyarakat

Calon Presiden Ganjar Pranowo.--

Surabaya, Memorandum- Calon Presiden PDI Perjuangan Ganjar Pranowo meminta pemerintah segera menyelesaikan konflik pulau Rempang. Ia mengusulkan, penyelesaian konflik Pulau Rempang mengedepankan dialog dan mendengarkan masyarakat. 

 

"Pemerintah harus segera turun tangan menyelesaikan ini. Jangan lama-lama. Usul saya persoalan ini diselesaikan sampai ke akarnya dan dibuka agar masyarakat jelas. Kedepankan dialog dan dengarkan masyarakat," kata Ganjar, Selasa 19 September 2023. 

 

Ganjar meminta pemerintah segera memanggil beberapa aktor yang terlibat dalam konflik itu untuk duduk bersama. Persoalan yang terjadi harus terang benderang dan terbuka, tidak boleh ada yang ditutup-tutupi. 

 

"Di sana ada kepala daerahnya, di sana ada pengelolanya gitu ya. Panggil semua untuk dialog bersama menyelesaikan persoalan," ucapnya. 

 

Disinggung terkait penghentian sementara relokasi, Ganjar mengatakan hal itu bisa dilakukan. Asalkan berdasarkan kesepakatan semua pihak. 

 

"Semuanya bisa dilakukan, apapun kebijakannya segera panggil mereka, termasuk representasi dari masyarakat karena mesti kita dengarkan juga," jelasnya. 

 

Ia mendorong agar konflik Rempang tidak berlarut-larut. Pasalnya, hal itu akan menjadi preseden buruk dan konflik itu bisa memicu konflik di daerah lain. 

 

Sumber: