Dukungan Pemkot Minim, Atlet Percasi Surabaya Tetap Bawa Pulang Medali Emas

Dukungan Pemkot Minim, Atlet Percasi Surabaya Tetap Bawa Pulang Medali Emas

Tim atlet catur beregu putri Surabaya sabet medali emas dalam Porprov Jatim VIII/2023.--

Surabaya, Memorandum - Kendati kurang mendapat perhatian dari Pemerintah Kota (pemkot) Surabaya, namun atlet cabor catur dari Percasi Surabaya berhasil membawa pulang 1 medali emas dan 3 medali perunggu pada Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VIII/2023.

Atas capaian anak didiknya tersebut, Ketua Percasi Surabaya Budi Leksono mengaku bersyukur dan melayangkan apresiasinya. Sebab, para atlet tetap giat berlatih serta mengasah kemampuan melalui event atau turnamen yang dilaksanakan Percasi secara mandiri maupun yang difasilitasi donatur.

"Saya ucapkan selamat kepada tim catur Surabaya yang telah berhasil membawa 1 medali emas dan 3 medali perunggu. Meskipun tidak difasilitasi pemkot, tapi kami Percasi Surabaya tetap menggelar turnamen catur sendiri di kafe atau di hotel dengan sokongan dari donatur agar kemampuan para atlet terus terasah," kata Budi Leksono, Rabu (20/9).

Diakuinya, Percasi Surabaya dalam cabor catur Porprov Jatim VIII/2023 tidak mematok target tertentu. Akan tetapi, pihaknya dapat menyumbang 1 emas dan 3 perunggu bagi Kota Surabaya.

Pria yang karib disapa Buleks ini menyebut, medali emas diraih atlet beregu putri kategori catur cepat. Sedangkan 3 perunggu ditorehkan oleh atlet beregu putri catur kilat, mix ganda catur kilat, dan beregu putra catur standar.

"Jadi kami mengirim 12 atlet dengan rincian 6 perempuan dan 6 laki-laki. Lalu kami untuk catur ini enggak ada target, tapi alhamdulillah Surabaya dapat satu emas dan tiga perunggu," urai Buleks.

Buleks memastikan, setelah atlet Percasi Surabaya meraih prestasi di ajang Porprov Jatim, pihaknya akan melakukan sejumlah pembenahan.

Karena itu, dia berharap atlet binaannya tetap mencintai Kota Pahlawan dan terus mewakili Surabaya dalam event-event yang akan datang.

"Harus diakui bahwa sarpras (sarana dan prasarana) untuk cabor catur di Surabaya ini sangat minim. Bahkan kami tidak difasilitasi sarpras oleh pemkot. Namun saya berharap para atlet tetap bertahan, meski ada kemungkinan iming-iming dari luar daerah dengan tawaran yang lebih menggiurkan," beber Buleks.

Kendati demikian, Buleks optimistis dan siap memberikan dukungan penuh agar event atau turnamen berikutnya, Percasi Surabaya bisa meraih prestasi lebih gemilang.

"Mudah-mudahan (event selanjutnya) bisa meraih tiga emas, dan kita biasa juara umum. Karena juara umumnya itu ada di rumah saya (Percasi Surabaya) gitu. Tiga kali berturut-turut," pungkas Buleks yang juga Sekretaris Komisi A DPRD Surabaya ini.(bin/ziz)

Sumber: