Operasi Zebra Semeru 2023, Satlantas Polres Malang Utamakan Sosialisasi

Operasi Zebra Semeru 2023, Satlantas Polres Malang Utamakan Sosialisasi

Kasatlantas Polres Malang AKP Agnis Juwita menyampaikan materi sosialisasi kepada para siswa.--

Malang, Memorandum - Dalam upaya meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Malang mengedepankan kegiatan sosialisasi. Kegiatan itu merupakan bagian dari pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2023 yang berlangsung mulai 4 hingga 17 September 2023.

"Kegiatan edukatif kepada masyarakat bertujuan untuk menciptakan kondisi lalu lintas yang lebih aman dan tertib," terang Kasatlantas Polres Malang AKP Agnis Juwita, Selasa (12/9/2023).

Agnis mengungkapkan, kegiatan sosialisasi yang dilakukan bersama anggotanya dalam Operasi Zebra Semeru 2023 tidak hanya dilakukan pada masyarakat umum saja. Akan tetapi, juga dilakukan pada para siswa mulai tingkat SMP hingga SMA sederajat.

Kegiatan yang berlangsung ini merupakan bagian dari upaya kepolisian, untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan berlalu lintas tidak hanya pada masyarakat, tapi juga pada kalangan pelajar.

Dalam acara pembinaan tersebut, tidak hanya memberikan pemahaman tentang aturan berlalu lintas. Tetapi juga memberikan imbauan khusus kepada pelajar, yang belum cukup umur untuk tidak mengendarai motor. 

"Kepada masyarakat kami memberikan imbauan dengan memasang banner keselamatan dan pemberian brosur serta pamflet pada pengendara, baik roda empat maupun dua," kata Agnis.

Sedangkan kepada pelajar memberikan kesadaran batasan usia dalam mengemudikan kendaraan bermotor menjadi salah satu fokus utama dalam sosialisasi ini.

Selain juga memberikan pemahaman kepada para pelajar, tentang pentingnya tertib berlalu lintas. Upaya ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang mungkin diakibatkan oleh perilaku tidak tertib di jalan raya.

Tidak hanya memberikan pengetahuan, polisi juga berperan aktif dalam meningkatkan keselamatan berkendara pada masyarakat dan pelajar. Selain itu, dalam rangka mengingatkan pentingnya berlalu lintas dengan aman, Satlantas Polres Malang juga melakukan pemasangan spanduk imbauan di titik-titik strategis di sepanjang jalan raya. 

Spanduk-spanduk itu berisi pesan-pesan keselamatan berkendara, peringatan tentang bahaya pelanggaran lalu lintas, serta imbauan untuk patuh terhadap peraturan yang berlaku. Dalam kesempatan tersebut, Polres Malang juga membagikam helm secara gratis kepada pelajar. (kid/lis/fer)

Sumber: