Sering Gatal Karena Ketombe? Inilah 5 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe

Sering Gatal Karena Ketombe? Inilah 5 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe

--

Surabaya, memorandum – Kulit kepala kalian sering gatal karena ketombe. Sudah pakai sampo anti ketombe tapi ketombe masih sering bermunculan. Jangan khawatir, ini 5 cara ampuh menghilangkan ketombe.

1. Pakai minyak kelapa
Cara menghilangkan ketombe secara alami bisa melalui minyak kelapa. Caranya, oleskan minyak kelapa secara merata ke kulit kepala, diamkan beberapa menit, lalu cuci dan bilas hingga bersih. Tak hanya menghilangkan ketombe, minyak kelapa juga dapat membuat kulit kepala tetap lembap dan terawat.

2. Baking soda
Baking soda juga bisa jadi cara ampuh mengatasi ketombe membandel. Cara kerjanya dengan mengelupas dan menghilangkan sel-sel kulit mati, juga mengurangi minyak berlebih di kulit kepala.

3. Bawang putih
Bawang putih memiliki sifat antijamur yang efektif membasmi ketombe. Caranya, tumbuk 1 sampai 2 siung bawang putih, lalu campur dengan air. Tambahkan sedikit madu untuk menghilangkan bau menyengat dari bawang. Aplikasikan ke seluruh kulit kepala, kemudian bilas.

4. Jeruk nipis
Jeruk nipis mengandung vitamin C, B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, dan magnesium. Nutrisi itu berperan dalam membasmi ketombe dan mendorong pertumbuhan akar rambut.

5. Makanan sehat bergizi seimbang
Makanan yang dapat menurunkan keparahan ketombe adalah zink dan vitamin B. Selain itu, asupan omega-3 juga diperlukan guna meningkatkan nutrisi dan mengurangi peradangan kulit kepala pada pengidap ketombe.

Nah, itu tadi 5 cara untuk menghilangkan ketombe. Lakukan secara rutin, dijamin ampuh ketombe kalian akan segera rontok. (mg2/gus)

Sumber: