Eazy Intal, Layanan Kemudahan Imigrasi Bagi Mahasiswa Asing

Eazy Intal, Layanan Kemudahan Imigrasi Bagi Mahasiswa Asing

Dirjen Imigrasi, Rektor UM serta sejumlah pejabat lainnya.--

Malang, Memorandum - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang memberikan kemudahan bagi mahasiwa asing di Malang dan sekitarnya. Pasalnya, telah meluncurkan Eazy Intal atau kemudahan dalam prosesi ijin tinggal.

Dalam peluncuran itu, pihaknya memilih Universitas Negeri Malang (UM) sebagai pilot project pelayanan. Mengingat, UM telah memiliki international office untuk kemudahan administrasi izin tinggal keimigrasian.

Hadir dalam peluncuran, Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, Rektor UM Prof Hariono, Direktur International Office Evy Eliyanah, Kepala Kantor imigrasi Kelas I TPI Malang Galih Priya Kartika Perdhana serta sejumlah pejabat lainya.

"Easy Intal itu, memberikan kemudahan prosesi ijin tinggal bagi mahasiswa asing. Dengan memberikan layanan jemput bola. Ke lokasi yang telah ditentukan antara Imigrasi dan pihak kampus," terang Dirjen Silmy Karim, Kamis (07/09/23).

Untuk saat ini, layanan Eazy Intal hanya bisa diajukan Universitas yang telah memiliki international office. Dan hal itu, nantinya bisa diikuti kampus yang lain melalui prosesi dan ketentuan yang sama.

Hadirnya terobosan layanan Eazy Intal mendapat sambutan baik dari Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim. Menjadi wujud semangat Imigrasi Malang, meningkatkan kualitas layanan publik. Khususnya untuk izin tinggal keimigrasian.

“Saya mengapresiasi inovasi ini. Karena membuat layanan izin tinggal jadi cepat, mudah dan terjangkau. Ini menjadi indikator layanan publik yang berkualitas,” lanjut Silmy.

Eazy Intal menurutnya, dapat menjadi solusi bagi kampus yang memiliki mahasiswa asing.  Untuk kemudahan administrasi izin tinggal keimigrasian. Bentuk komitmen dalam mewujudkan layanan publik yang berkualitas.

"Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi antara Kantor Imigrasi Malang dengan Universitas Negeri Malang,” terang Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, Galih Priya Kartika Perdhana.

Untuk mengakses layanan Eazy Intal, international office dari pihak Universitas bisa mengajukan melalui Forecast Karmila (Integrated Foreigner Chat Services Kantor Imigrasi Malang). Layanan komunikasi dua arah berbasis whatsapp di nomor 081252793234.

Selanjutnya petugas imigrasi akan datang untuk melakukan proses pengambilan data biometrik. Sehingga, pemohon maupun penjamin tidak perlu bolak balik datang ke Kantor Imigrasi.(edr/ziz)

Sumber: