Operasi Zebra Semeru 2023, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Gunakan Teguran Simpatik Presisi

Operasi Zebra Semeru 2023, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Gunakan Teguran Simpatik Presisi

Petugas Satlantas memberikan sosialisasi kepada para pengguna jalan.--

Surabaya, Memorandum - Terhitung mulai tanggal 4-17 September 2023, Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak menggelar Operasi Zebra Semeru 2023. Operasi yang dilaksanakan selama 14 hari ini bertujuan untuk meningkatkan ketertiban dan keselamatan pengguna jalan dalam berlalu lintas.

"Operasi Zebra Semeru 2023 ini bertujuan untuk menciptakan ketertiban dan keselamatan dalam berlalu lintas yang kondusif menuju pemilu damai 2024," kata Kasatlantas Polres Tanjung Perak AKP Moch Su'ud, Rabu (6/9).

Pelaksanaan operasi kewilayahan Zebra 2023 ini bersifat teguran simpatik presisi. Yakni, dengan mengedepankan fungsi lalu lintas, kegiatan preemtif dan preventif serta penegakkan hukum yang dilaksanakan secara humanis dalam rangka kamseltibcar yang kondusif.

Selain itu, untuk penegakan hukumnya, operasi ini berbasis pada aplikasi yang digunakan oleh petugas Satlantas pada saat di lapangan. Tujuannya adalah untuk memberikan teguran simpatik kepada masyarakat yang melanggar.

"Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas serta meminimalisir angka pelanggaran juga angka fatalitas laka lantas," urai kasatlantas.

Kasatlantas Su'ud menambahkan, pihaknya mengedepankan pengawasan melalui aplikasi dalam penindakan selama Operasi Zebra Semeru 2023. Dengan demikian, masyarakat yang melakukan pelanggaran akan didata melalui aplikasi tersebut.

"Selanjutnya masyarakat akan mendapat WhatsApp atau pesan sms yang berisi peringatan tentang pelanggarannya dan imbauan tertib lalu lintas," pungkas Su'ud.(bin/ziz)

Sumber: