Niat Sholat Witir 1 dan 3 Rakaat, Beserta Tata Caranya

Niat Sholat Witir 1 dan 3 Rakaat, Beserta Tata Caranya

Surabaya, memorandum.co.id - Shalat witir adalah shalat penutup bagi ibadah malam. Dari sekian amalan shalat sunah, shalat witir termasuk salah satu yang dianjurkan. Bagi yang hendak melaksanakan sholat witir, tidak dituntut untuk melakukannya dalam rakaat tertentu, asalkan dilaksanakan dengan jumlah yang ganjil, termasuk satu rakaat. Namun bila khawatir tidak bangun pada waktu itu, Rasulullah SAW menganjurkan pelaksanaannya sebelum tidur. Hal ini dijelaskan oleh hadis riwayat Jabir, Rasulullah SAW berikut ini : من خاف أن لايقوم من آخر الليل فليوتر أوله، ومن طمع أن يقوم آخره فليوتر آخر الليل، فإن صلاة آخر الليل مشهودة، وذلك أفضل Artinya, “Siapa yang khawatir tidak bangun di akhir malam, maka witirlah terlebih dahulu. Sementara orang yang yakin bangun di akhir malam, kerjakanlah witir di akhir malam, sebab sholat di akhir malam itu disaksikan malaikat dan lebih utama,” (HR Muslim). Niat Sholat Witir Pada umumnya, shalat witir dikerjakan sebanyak 3 rakaat. Atau bisa juga dilakukan minimal 1 rakaat.

  • Niat Sholat Witir 1 Rakaat
اُصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً لله تعالى
  • Niat Sholat Witir 3 Rakaat
اُصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِ ثَلَاثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى Tata cara sholat witir : 1. Membaca Niat 2. Takbiratul Ihram 3. Membaca Al-Fatihah 4. Membaca Surat Pendek
  • Saat melakukan sholat witir 1 rakaat setelah membaca surat Al-Fatihah langsung dilanjut Membaca tiga surat secara berurutan, yaitu Al-Falaq, Al-Ikhlas, dan An-Nas.
  • Saat melakukan sholat witir 3 rakaat disunahkan membaca surat Al A’la pada rakaat pertama dan surat Al Kafirun pada rakaat kedua. Sedangkan pada rakaat ketiga membaca 3 surat yaitu Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas.
5. Rukuk 6. i'tidal 7. sujud 8. duduk diantara dua sujud 9. tahiyat akhir 10. salam. (*/rdh)

Sumber: