Tempat Bersejarah di Madinah yang Bisa Dikunjungi saat Haji dan Umroh

Tempat Bersejarah di Madinah yang Bisa Dikunjungi saat Haji dan Umroh

Memorandum.co.id - Kota Madinah yang menyimpan banyak tempat bersejarah terkait penyebaran dan perkembangan agama Islam. Rasulullah SAW menjadikan Madinah sebagai pusat perjuangan dakwah sampai wafat. Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan umat Islam dari Makkah ke Madinah dijadikan sebagai penetapan awal kalender Islam yaitu tahun hijriyah. Berikut ini tempat bersejarah di madinah yang bisa dikunjungi jemaah haji dan umroh :

  • Masjid Nabawi
Masjid Nabawi adalah tempat bersejarah yang paling terkenal di Kota Madinah. Masjid ini dibangun di tengah kota Madinah dan dikelilingi oleh pasar dan hotel di sekitarnya. Masjid ini merupakan masjid kedua yang dibangun oleh Nabi Muhammad setelah Masjid Quba. Awalnya, Masjid Nabawi dibangun di samping rumah Nabi Muhammad pada tahun 632 M, saat itu dijadikan sebagai tempat berkumpulnya umat Islam dan majelis ilmu.
  • Makam Rasulullah dan Kubah Hijau
Makam Rasulullah adalah tempat dimana Nabi Muhammad dimakamkan berdekatan dua sahabatnya, ada Abu Bakar Ash-Shidiq dan Umar bin Khattab. Di Masjid Nabawi juga populer Kubah Hijau, bangunan penting yang terletak di sudut tenggara Masjid Nabawi di Madinah. Kubah Hijau adalah kubah berwarna hijau yang dibangun tepat di atas makam Nabi Muhammad
  • Raudhah
Raudhah adalah area di dalam Masjid Nabawi yang diyakini sebagai taman surga. Tempat ini menjadi tempat ziarah penting bagi umat Islam dari seluruh dunia.
  • Makam Baqi’
Makam Baqi’ adalah tempat pemakaman yang berisi makam para sahabat Nabi Muhammad dan keluarganya.
  • Masjid Quba
Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad di Kota Madinah. Masjid ini terletak sekitar 3 km di sebelah selatan Masjid Nabawi dan menjadi tempat ziarah penting bagi umat Islam.
  • Jabal Uhud
Jabal Uhud adalah sebuah bukit di luar Kota Madinah yang menjadi tempat pertempuran antara pasukan Muslim dan pasukan kafir Quraisy pada hari Sabtu, 23 Maret 625 M (7 Syawal 3 H), setahun lebih seminggu setelah Perang Badar.
  • Masjid Qiblatain
Masjid Qiblatain adalah masjid yang memiliki dua kiblat. Qiblatain artinya dua kiblat. Kiblat pertama yang menghadap ke Masjidil Haram di Makkah dan kiblat kedua yang menghadap ke Masjid Al-Aqsa di Baitul Maqdis (di Palestina).
  • Khandak atau Masjid Khamsah
Khandak atau Masjid Khamsah adalah tempat di mana Nabi Muhammad dan para sahabatnya membangun parit untuk melindungi Kota Madinah dari serangan musuh. Lokasinya terletak di Gunung Sila’, masih di sekitar Madinah. Masjid ini dibangun untuk mengenang dan menghormati jasa pejuang dan syuhada saat Perang Khandak.
  • Masjid Jummah
Masjid Jummah adalah masjid yang menjadi tempat shalat Jumat pertama di Kota Madinah.
  • Masjid Ghamama
Masjid Ghamama adalah masjid yang menjadi tempat Nabi Muhammad melaksanakan shalat istisqa’ atau shalat meminta hujan.
  • Masjid Abu Bakar
Masjid Abu Bakar adalah masjid yang dibangun di atas rumah Abu Bakar Ash-Shiddiq, sahabat Nabi Muhammad yang menjadi khalifah pertama umat Islam.
  • Masjid Ali
Masjid Ali adalah masjid yang dibangun di atas rumah Ali bin Abi Thalib, sahabat Nabi Muhammad yang menjadi khalifah keempat umat Islam.
  • Museum Al-Madinah
Museum ini memamerkan sejarah dan budaya Madinah, termasuk artefak dari zaman Nabi Muhammad dan para sahabatnya. Lokasi Museum Al-Madinah ada di Jalan Omar Ibnu Alkhtab, As Suqya, Al-Madinah 42315, Arab Saudi, tidak jauh dari Masjid Nabawi, dan dekat dengan Stasiun Kereta Haramain.
  • Percetakaan Al-Quran
Kompleks Percetakan Al-Quran Raja Fahd terletak di Madinah, Arab Saudi. Kompleks ini terletak di jalan utama Tabuk di kota Madinah. (*/rdh)

Sumber: