Dorong Lansia Produktif melalui YGA

Dorong Lansia Produktif melalui YGA

Lamongan, memorandum.co.id - Usia bukanlah sebuah hambatan untuk berkarya dan tetap produktif, hal ini pula yang menjadi alasan Yayasan Gerontologi Abiyoso (YGA) Lamongan melaksanakan kegiatan Seminar Manula dan Kesehatan pada Selasa (1/8) di Pendopo Lokatantra. Kegiatan ini masih menjadi rangkaian Hari Jadi Lamongan, Hari Lansia Nasional, juga menyambut HUT RI ke 78.
Bupati Yuhronur Efendi yang turut hadir dalam acara tersebut mengungkapkan bahwa meski bertambahnya usia mengakibatkan pemikiran yang kalah cepat dibanding saat masih muda, namun fleksibilitas dan kebijaksanaan dalam pengambilan keputusan akan lebih kuat.
"Sebuah penelitian mengatakan bahwa kecepatan kerja otak di usia 60 sampai 70 tahun kalah cepat dibanding usia di bawahnya, namun demikian mempunyai fleksibilitas yang sangat dinamis dan itu biasanya ditunjukkan dengan pembuatan keputusan yang tepat. Artinya apa? Semakin bertambah usia semakin wisdom dan semakin bijak," ungkap Pak Yes.
Ditambahkan Pak Yes, fleksibilitas kinerja otak ini kurang lebih dikarenakan banyaknya pengalaman yang diperoleh, sehingga pengalaman tersebut terakumulasi dan memunculkan pemikiran juga pengambilan keputusan yang lebih cermat.
"Fleksibilitas kinerja otak artinya semakin bertambah usia kita semakin banyak pengalaman, sehingga dari berbagai pengalaman itu mengendap, mengakumulasi, sehingga memunculkan sebuah keputusan-keputusan yang tepat dan tentu juga bijaksana. Untuk itu pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Lamongan yang kita sasar tidak hanya ketika usia dewasa, namun mulai dari usia dalam kandungan sampai kepada usia yang semakin bertambah dewasa. Selamat berseminar dan mudah-mudahan seminar ini membawa manfaat bagi kita semua," tambah Pak Yes.
Ketua Yayasan Gerontologi Abiyoso Lamongan Nuroso berharap, adanya seminar ini akan mampu membangkitkan semangat lansia di Lamongan untuk tetap produktif. Ia juga meminta dukungan semua pihak agar cabang perwakilan Gerontologi Abiyoso di tiap kecamatan dapat segera terbentuk.
"Mudah-mudahan melalui seminar ini dapat lebih membangkitkan kita untuk lebih produktif, minimal kepada diri sendiri. Serta dapat memberikan sumbangsih pada para lansia, khususnya yang di beberapa daerah atau beberapa kecamatan yang masih membuka uluran tangan dari kita semua," harap Nuroso.(*)

Sumber: