Rosela Bantu Penuhi Kesejahteraan Lansia Lamongan

Rosela Bantu Penuhi Kesejahteraan Lansia Lamongan

Lamongan, memorandum.co.id - Menjelang salat dzuhur di bulan Ramadan, Rabu (5/4), Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mendatangi kediaman Suaibah (73), nenek lanjut usia yang beralamatkan di Jl Lamongrejo Gang Cendrawasih Kelurahan Sidokumpul Kecamatan Lamongan.

Didampingi Kepala Dinas Sosial Lamongan Hamdani Azahari, Camat Lamongan Agus Hendrawan dan Lurah Sidokumpul, Bupati Yes menyerahkan secara langsung bantuan Rosela (Program Kesejahteraan Lansia) berupa makanan siap saji dan sejumlah bahan pokok lainnya kepada nenek yang hidup sendiri itu.

“Mbah niki ada makanan kangge njenengan, kalo masih kuat puasabisa untuk berbuka dan sahur. Sehat-sehat nggih mbah,” ujar Bupati Yes saat berkunjung langsung di kediaman Nenek Suaibah.

Masih di Kelurahan Sidokumpul, Pak Yes juga mengunjungi rumah Jumali Kargono (60) yang berada tak jauh dari kelurahan. Kakek yang hidup sebatang kara tersebut juga mendapat atensi Bupati Lamongan melalui program Rosela untuk penuhi kesejahteraannya.

"Rosela ini merupakan program kesejahteraan baru di tahun 2023 yang diperuntukkan untuk lansia. Sementara ini baru berjalan di Kecamatan Lamongan, sehingga selain terpenuhinya hak dasar berupa makan juga terpenuhinya kesejahteraan lansia di Lamongan," imbuh Pak Yes.

Diterangkan Kepala Dinas Sosial Lamongan, Hamdani Azahari, Rosela sendiri merupakan program kesejahteraan yang diperuntukkan kepada lansia kurang mampu yang hidup sebatang kara untuk memenuhi kebutuhan dasar berupa pemberian makanan siap saji sebanyak 2 kali sehari (siang dan malam) selama 3 bulan penuh kepada 10 lansia di masing-masing kelurahan di Kecamatan Lamongan.

“Program Kesejahteraan Lansia (ROSELA) adalah program Bupati Yes tahun 2023 yang sebelumnya belum ada. Program ini menyasar lansia kurang mampu yang hidup sebatang kara di 8 kelurahan Kecamatan Lamongan. Jadi total ada 80 lansia. Bulan Januari hingga Maret telah tuntas di Kelurahan Banjarmendalan dan triwulan kedua ini menyasar Kelurahan Sidokumpul,” ujar Hamdani

Hamdani juga menjelaskan, selain tekstur makanan yang telah disesuaikan khusus untuk lansia, makanan  yang diberikan juga tetap menerapkan nilai gizi yang seimbang.

“Kita tahu lansia ini butuh makanan yang lembut, jadi makanannya disesuaikan tidak keras. Selain mengenyangkan tetap memenuhi unsur gizi seimbang," pungkasnya.(*)

Sumber: