Tingkatkan Pelayanan, Pemdes Sukorejo Luncurkan Aplikasi Berbasis Digital

Tingkatkan Pelayanan, Pemdes Sukorejo Luncurkan Aplikasi Berbasis Digital

Tulungagung, memorandum.co.id - Guna memberikan pelayanan cepat mudah dan tepat, Pemerintah Desa Sukorejo, Kecamatan Karangrejo, meluncurkan pelayanan masyarakat berbasis web untuk pembuatan surat secara online. Bertempat di Balai Desa Sukorejo, peluncuran layanan berbasis digital itu dilaksanakan usai prosesi pelantikan perangkat desa yang dihadiri Plt Dinas pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tulungagung Drs Sugiynto MM, Forkopimcam Karangrejo, kepala desa, perangkat desa, BPD, LPM, RT, RW, tomas, toga, dan ketua tim penggerak PKK beserta anggota, Rabu (4/1/2023). Kepala Desa Sukorejo Drs Mahpud Hadi mengatakan, mulai hari ini layanan digital tersebut resmi dibuka untuk masyarakat. "Alhamdulillah mulai hari ini sudah kami buka pelayanan masyarakat berbasis digital yang lebih mudah, murah dan cepat. Dan bagi masyarakat yang membutuhkan layanan dari pemerintah desa, tidak perlu datang ke kantor, namun bisa langsung membuka website yang sudah disediakan dan membuka menu sesuai yang diperlukan," paparnya. Dipertegas oleh Mahpud Hadi, untuk menggunakan layanan itu, masyarakat cukup membuka website Https://Sukorejo.kecamatankarangrejo.com. Selanjutnya tinggal klik dari tempat di mana berada, dan memasukkan nomor induk kependudukan (NIK). Setelah itu melengkapi data-data. Dan terakhir tinggal dikirim. Kemudian, lanjut Mahpud Hadi, nantinya akan diterima di server operator desa untuk diverifikasi oleh petugas. Ketika syarat-syarat sudah lengkap akan dicetak dan hasilnya bisa diambil di kantor desa. "Dan bagi pemohon yang ada di luar daerah tidak perlu pulang. Namun surat yang sudah jadi bisa diambil oleh perwakilan dari keluarga maupun kerabatnya.Yang intinya di manapun pemohon berada bisa mendapatkan pelayanan dari kantor pemerintahan desa yang bisa diakses dari mana saja domisilinya," tandasnya. Dituturkan Kades Mahpud, tujuan keberadaan website ini adalah untuk mempermudah pelayanan bagi masyarakat. Sehingga lebih cepat, hemat waktu dan biaya lebih murah. "Saya yakin program ini sangat membantu masyarakat dalam memberikan pelayanan yang lebih baik," ucapnya. Kades Mahpud berharap, dengan adanya program ini masyarakat dapat lebih fokus untuk beraktivitas yang akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat semuanya. "Program ini masih terus disempurnakan. Semoga dalam waktu dekat, permohonan pelayanan surat menyurat langsung bisa dicetak sendiri oleh pemohon," pungkasnya. (kin/mad)

Sumber: