Manfaat Sayur Brokoli untuk Kesehatan Tubuh.

Manfaat Sayur Brokoli untuk Kesehatan Tubuh.

Surabaya, Memorandum.co.id - Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau dari keluarga tanaman kubis. Hingga kini, sayuran ini terkenal sebagai sumber makanan yang mengandung berbagai macam nutrisi dan gizi.

Hampir setiap pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang memasukkan brokoli sebagai salah satu makanan yang dikonsumsi.

Sayuran ini bisa dikonsumsi dengan cara dikukus, direbus, atau diolah menjadi masakan, seperti tumisan atau campuran sup.

Berikut adalah manfaat sayuran brokoli bagi kesehatan tubuh.

Terdapat kandungan anti-oksidan dalam brokoli yang bermanfaat untuk menghambat dan menetralkan kerusakan sel akibat radikal bebas. Senyawa anti-oksidan ini membantu mengurangi peradangan serta memberikan efek perlindungan pada tubuh.

Di dalam brokoli hijau terkandung sulforaphane. Zat inilah yang memberikan rasa pahit pada brokoli. Namun, kandungan zat ini diyakini dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, seperti kanker usus besar dan kanker paru-paru.

Mencegah anemia, saat tubuh kekurangan asupan mineral, maka yang bisa terjadi adalah Anda mengalami anemia. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi seperti brokoli.

Kandungan mineral seperti kalium dalam brokoli bermanfaat untuk membantu melancarkan aliran darah sehingga dapat mencegah tekanan darah tinggi.

Selanjutnya Kandungan serat dalam brokoli bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan usus serta melancarkan pencernaan sehingga mencegah terjadinya sembelit.

Menjaga kesehatan tulang dan gigi, kandungan kalsium, vitamin K, vitamin A, dan fosfor dalam brokoli lebih mudah diserap oleh tubuh. Maka dari itu, brokoli juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan tulang serta mencegah mengalami osteoporosis. (Rdh)

Sumber: