Khasiat Buah Jeruk untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Buah Jeruk untuk Kesehatan Tubuh

Surabaya, Memorandum.co.id - Buah jeruk dikenal sebagai salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Selain vitamin C, buah ini juga mengandung beragam gizi lain, seperti vitamin A, karbohidrat, serat, protein, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, folat, serta kolin.

Selain memiliki rasa yang menyegarkan, buah jeruk juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah menjaga daya tahan tubuh, untuk mengetahui manfaat lain dari buah dengan rasa asam manis ini, berikut manfaat dari buah jeruk.

Semua orang tahu bahwa jeruk adalah sumber vitamin C yang baik dikonsumsi. Vitamin ini berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain vitamin C, buah jeruk juga kaya akan kandungan antioksidan yang berperan penting dalam menangkal efek paparan radikal bebas.

Selain bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan imunitas, vitamin C pada buah jeruk juga mampu meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh. Zat besi adalah salah satu bahan pembentuk sel darah merah. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan terjadinya anemia defisiensi zat besi.

Vitamin C, flavonoid, dan karotenoid yang terkandung di dalam buah jeruk dipercaya baik untuk menjaga kesehatan jantung. Tak hanya itu, jeruk juga mengandung kalium yang diketahui dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung.

Manfaat selanjutnya yakni buah jeruk mengandung cukup banyak air dan juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan sistem cerna. Serat pada buah jeruk bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan usus, meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus, melancarkan proses pencernaan, serta membuatmu kenyang lebih lama. (Rdh)

Sumber: