Khasiat Daun Beluntas Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Beluntas Untuk Kesehatan

Surabaya, Memorandum.co.id Daun beluntas merupakan tanaman yang berbentuk bulat telur dengan ujung lancip, saun beluntas memiliki aroma khas dan rasa getir bila dimakan dan banyak mengandung senyawa aktif

Dalam hal ini tanaman Daun beluntas yang memiliki ragam manfaat untuk kesehatan dapat menjadi salah satu ramuan herbal yang bisa dipakai untuk mengobati berbagai penyakit kronis.

Kandungan daun beluntas yang ada didalalamnya yakni memiliki ekstrak serat, kalsium, beta karoten, dan beragam jenis antioksidan, seperti asam klorogenat, asam kafeat, quercetin dan flavonoid, yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut khasiat daun beluntas dalam dunia pengobatan herbal yang harus Anda ketahui.

Menurunkan kadar gula dalam darah, kandungan flavonoid yang dapat menghambat aktivitas enzim glukosidase secara signifikan.

Hal ini kemudian mengakibatkan turunnya kadar glukosa dalam darah sekaligus memberi kemampuan tubuh untuk meregenerasi sel-sel yang rusak di pankreas.

Tanaman ini juga dapat menurunkan kadar kolestrol. Dengan kadar kolesterol LDL yang lebih rendah, tubuh akan tercegah dari penyakit kardiovaskular, termasuk hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

Tidak cukup sampai disitu, untuk mencegah penyakit ini, perlu menerapkan gaya hidup sehat, yakni dengan tidak merokok, berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan sehat, dan menjaga berat badan tetap ideal.

Selanjutnya tanaman ini bermanfaat mengobati rematik. Untuk mendapatkan manfaatnya, sediakan 200 gram agar beluntas segar dan 200 ml air. cuci lalu rebus daun beluntas sampai mendidih. Setelah itu, dinginkan lalu saring. Minum ramuan tersebut satu kali sehari. (Rdh)

Sumber: