Tingkatkan Layanan Masyarakat, Bupati Jombang Terapkan Aplikasi Sukma-E Jatim

Tingkatkan Layanan Masyarakat, Bupati Jombang Terapkan Aplikasi Sukma-E Jatim

Jombang, memorandum.co.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang akan segera menerapkan replika Survei Kepuasan Masyarakat Elektronik Jawa Timur (Sukma-E Jatim) ke seluruh Perangkat Daerah dan Unit Pelayanan Publik di Lingkungan Pemkab Jombang. Sukma-E Jatim merupakan replika inovasi pelayanan publik yang akan segera diimplementasikan dan diterapkan guna mensurvei kepuasan masyarakat di seluruh unit layanan Pemerintah Kabupaten Jombang. Sebagai wujud komitmen Pemkab Jombang dalam meningkatkan pelayanan, maka Bupati Jombang Mundjidah Wahab menandatangani Komitmen Replikasi Inovasi Pelayanan Publik Survei Kepuasan Masyarakat Elektronik Jawa Timur (SUKMA-E JATIM ) dengan Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur Ramliyanto. Penandatanganan tersebut dilakukan di Pendapa Pemkab Jombang dengan disaksikan Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang, Agus Purnomo, para Asisten dan Kepala OPD lingkup Pemkab Jombang, Camat, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Jombang, serta Direktur Perusahaan Daerah se-Kabupaten Jombang, Admin SKM Perangkat Daerah se-Kabupaten Jombang. Bupati Jombang Mundjidah Wahab menerangkan, bahwa replikasi inovasi ini merupakan salah satu bentuk perwujudan dan komitmen pemerintah dalam rangka upaya peningkatan kualitas pelayanan publik. Sebagai birokrasi yang melayani, pemerintah harus kreatif dalam mengelola keluhan dan pengaduan masyarakat. "Selain itu, juga harus selalu berinovasi, memunculkan ide-ide, gagasan baru guna meningkatkan kualitas pelayanannya agar dapat memenuhi tuntutan masyarakat. Sehingga tercipta pelayanan publik yang semakin baik dan berkelanjutan," terangnya, Kamis (23/06/2022). Bupati menjelaskan, dengan memanfaatkan aplikasi Sukma-E Jatim ini, pelayanan perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Jombang dapat langsung dipantau masyarakat. Artinya, masyarakat pemanfaat layanan cukup melalui ponsel dapat secara langsung memberikan penilaian, kritik dan saran atas pelayanan yang diberikan perangkat daerah. "Karena itu, keberadaan aplikasi Sukma E-jatim sangat memberikan manfaat bagi penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Jombang. Nantinya hasil survei kepuasan masyarakat dapat menjadi pemicu semangat setiap perangkat daerah agar dapat membenahi dan meningkatkan kinerja untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih berkualitas kepada masyarakat Jombang," jelasnya. Bupati Perempuan Pertama di Jombang ini menandaskan, pihaknya meminta kepada kepala perangkat daerah untuk memotivasi penerapan aplikasi Sukma-E Jatim yang nantinya akan dilaksanakan di perangkat daerah masing-masing. "Saya mengharapkan kinerja pelayanan publik di Kabupaten Jombang semakin baik, sehingga tingkat kepuasan masyarakat juga akan meningkat. Dalam melaksanakan pelayanan publik, setiap ASN harus selalu melakukan perbaikan tiada henti, baik dari sisi peningkatan kompetensi SDM maupun cara pelayanan sebagaimana Employer Branding ASN “Bangga Melayani Bangsa," tandasnya. Mundjidah mengajak seluruh ASN untuk selalu memberikan pelayanan yang prima dan berkualitas kepada masyarakat, agar mereka bangga menjadi bagian dari keluarga besar Pemerintah Kabupaten Jombang. "Karena jika masyarakat puas dengan pelayanan kita, hal itu merupakan salah satu indikasi keberhasilan Pemkab Jombang mewujudkan visi Jombang Yang Berkarakter dan Berdaya Saing," pungkasnya. (yus)

Sumber: