Kadispendukcapil Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kependudukan Dapat Pujian Wamendagri
Wakil Menteri Dalam Negeri Bima Arya Sugiarto melakukan kunjungan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Siola, Jumat 20 Desember 2024.-Oskario Udayana-
SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Bima Arya Sugiarto mengapresiasi pelayanan kependudukan di Kota Surabaya yang sudah terintegrasi secara digital. Hal tersebut disampaikan saat ia melakukan kunjungan di SMPN 3 Surabaya dan Mal Pelayanan Publik Siola.
Menanggapi itu, Kepala Dispendukcapil Eddy Christijanto menyampaikan, pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kependudukan supaya dapat diakses oleh semua kalangan masyarakat. Bahkan, layanan kependudukan saat ini juga sudah bisa dilakukan di balai RW.
"Wamendagri mengapresiasi layanan kependudukan khususnya pelayanan di balai RW, sehingga meskipun ada layanan digital tapi pemkot juga masih membuka dan memfasilitasi terkait orang-orang yang tidak atau belum memiliki gawai. Layanan kependudukan ada di balai RW, kelurahan dan Siola," ujar Eddy.
Lebih lanjut, Eddy mengungkapkan bahwa Wamendagri Bima Arya juga memberikan apresiasi tersendiri terhadap Mal Pelayanan Publik Siola yang menerapakan transparansi dan keterbukaan. Sebab, itu memudahkan pemantauan yang dilakukan.
BACA JUGA:Wamendagri Genjot Perekaman e-KTP Jemput Bola, Targetkan 1,5 Juta Pemilih Pemula
Terkait penggunaan Katepay, Eddy menjelaskan, sudah hampir 90 persen siswa di SD dan SMP di Kota Surabaya telah memiliki KIA. Artinya tanda pengenal itu bisa digunakan sebagai alat bantu pembayaran secara non-tunai.
"KIA sebagai alat pembayaran bisa digunakan di kantin sekolah dengan cara mengisi saldonya. Dengan menggunakan KIA siswa bisa mendapatkan diskon saat berkunjung ke KBS atau THP Kenjeran, begitu pula saat berbelanja di toko buku yang sudah bekerjasama akan mendapatkan diskon sebesar 30 persen. Ini adalah kemudahan-kemudahan yang didapatkan ketika menggunakan KIA," terangnya.
BACA JUGA:Wamendagri Kunjungi SMA Amanatul Ummah, Serahkan KTP Elektronik ke Pelajar
Eddy berharap, penerapan digitalisasi dalam layanan kependudukan untuk memfasilitasi usia anak hingga dewasa yang diterapkan Pemkot Surabaya bisa dicontoh oleh daerah lainnya. (rio)
Sumber: