Dewan Dukung Penuh Penanganan Banjir di Kota Pahlawan, Dorong Sistem Drainase yang Terintegrasi

Dewan Dukung Penuh Penanganan Banjir di Kota Pahlawan, Dorong Sistem Drainase yang Terintegrasi

Anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya Achmad Nurdjayanto. --

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Banjir yang sering melanda Kota Surabaya ketika musim hujan telah menjadi masalah serius yang berdampak pada berbagai aspek kehidupan masyarakat. Dalam upaya mengatasi masalah ini, Anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya, Achmad Nurdjayanto, memberikan dukungan penuh terhadap program penanganan Banjir yang dicanangkan pemerintah kota.

"Tentunya kami DPRD Surabaya mendukung penuh untuk penanganan banjir di Surabaya, " kata Achmad Nurdjayanto. 

Komitmen DPRD Surabaya dalam mendukung penuh penanganan banjir ini dengan alokasi anggaran yang signifikan di tahun 2025.

BACA JUGA:Sungai Kalimas Dikeruk, Antisipasi Banjir di Musim Hujan

"Anggaran penanganan banjir 2025 sudah disahkan oleh anggota DPRD priode sebelumnya. Kami akan mengawal, " jelasnya. 

Nantinya anggaran tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan saluran drainase di sejumlah titik rawan banjir serta pekerjaan lainnya terkait dengan penanganan banjir. 

"Tentunya dari segi penganggaran kita juga mendukung secara total untuk kegiatan yang memang dampaknya besar. Kami menyadari bahwa penanganan banjir perlu upaya yang masif, khususnya kerjasama antara Pemerintah Kota Surabaya dan DPRD Kota Surabaya, " Achmad Nurdjayanto. 

BACA JUGA:Waspada Banjir Rob di Wilayah Pesisir Surabaya

Legislator dari Fraksi Golkar ini juga menyoroti pentingnya memastikan penyerapan anggaran yang optimal dan pelaksanaan proyek yang efektif. 

"Tapi pada prinsipnya kami berusaha agar anggaran itu terserap penuh, " ujarnya. 

Namun, politisi Partai Golkar dari dapil 2 Surabaya ini juga meminta agar pemkot memperhatikan dampak turunan dari proyek-proyek penanganan banjir, seperti kemacetan dan gangguan aktivitas masyarakat. 

BACA JUGA:Nasib Merana Jalan Kampung Surabaya, Hujan Sedikit Langsung Banjir

"Kemudian persoalan lain misal pengerjaan yang molor  itu juga sangat menganggu masyarakat. Oleh karena itu, kami akan melakukan pengawasan secara ketat terhadap pelaksanaan proyek-proyek tersebut. Mengingat musim hujan yang semakin dekat," kata pria dengan perolehan 11.960 suara pada pileg Surabaya 2024.

Selain itu, pihaknya juga menekankan pentingnya sistem drainase yang terintegrasi. Konektivitas antara saluran sekunder dan primer harus diperhatikan agar air hujan dapat mengalir dengan lancar. 

Sumber: