Sebanyak 31.069 Pelamar CPNS Kemenkumham Ikuti SKD CAT di Surabaya

Sebanyak 31.069 Pelamar CPNS Kemenkumham Ikuti SKD CAT di Surabaya

Petugas memeriksa calon pelamar sebelum mengikuti tes. --

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Seleksi Kompetensi Dasar berbasis Computer Assisted Test (SKD CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Jatim dimulai hari ini, Sabtu 19 Oktober 2024.

Sebanyak 31.069 pelamar dijadwalkan akan mengikuti tahapan seleksi selama 16 hari ke depan.

"Setelah dinyatakan lulus dalam tahapan seleksi administrasi sebelumnya, terhitung 437.779 pelamar Kemenkumham akan mengikuti SKD di 34 titik di dalam dan luar negeri, 31.069 pelamar diantaranya diagendakan akan mengikuti seleksi di Jawa Timur," ujar Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Maluku Tinjau Lokasi Pelaksanaan SKD CASN 2024

BACA JUGA:Kemenkumham Maluku Beberkan Proses SKD ke Awak Media

Untuk mengakomodir pelaksanaan SKD CPNS kali ini, Kanwil Kemenkumham Jatim berkolaborasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyiapkan titik lokasi di Politeknik Pelayaran Surabaya. Total, akan ada 59 sesi ujian dengan 530 orang pelamar per sesi.

"Pelamar dari lulusan SLTA/ SMA Se-derajat mendominasi, sekitar 92,5% atau 28.762 orang merupakan pelamar dari jalur tersebut, sisanya atau sebanyak 2.307 orang adalah dari lulusan diploma/ sarjana," terangnya.

BACA JUGA:Kemenkumham Maluku Matangkan Persiapan SKD CPNS Tahun 2024

BACA JUGA:Antispasi Peserta SKD CPNS Kemenkumham Jatim Bawa Jimat, Penggeledahan Badan Diperketat

Seperti tahun sebelumnya, Heni menjelaskan bahwa mekanisme pelaksanaan SKD menggunakan standar berbasis Computer Assisted Test (CAT) sesuai dengan Peraturan BKN Nomor 5 Tahun 2024 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN.

Sementara untuk komponen yang diujikan di tahap SKD meliputi: Tes Intelegensia Umum (TIU); Tes Wawasan Kebangsaan (TWK); dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan nilai ambang batas atau passing grade dan karakteristik masing-masing jenis materi. Lebih lanjut ketentuan SKD CPNS tahun ini diatur lewat Keputusan Menteri PANRB 321 Tahun 2024.

BACA JUGA:Hari Pertama Tes SKD CPNS Kemenkumham Jatim Berjalan Lancar

BACA JUGA:Kemenkumham Jatim Gelar Pemeriksaan Substantif Terhadap Empat Pemohon Kewarganegaraan RI

Selain itu pelaksanaan ujian dengan CAT BKN sendiri berorientasi pada sistem digital sehingga pelamar dapat mengetahui memenuhi ambang batas atau tidak, sesaat setelah selesai mengerjakan seluruh soal SKD. 

Sumber: