Psikolog: Orang Tua Memiliki Peran Penting dalam Memberikan Pembinaan Kesehatan Mental Sejak Dini

Psikolog: Orang Tua Memiliki Peran Penting dalam Memberikan Pembinaan Kesehatan Mental Sejak Dini

Antony, Psikolog dari Lembaga Psikologi Dr Soetomo. -Arif Alfiansyah-

"Faktor lain adalah seseorang yang membutuhkan bantuan. Seseorang ingin mencoba mengakhiri hidupnya bukan karena benar-benar ingin mati. Akan tetapi, ia tidak mengetahui bagaimana caranya untuk mendapatkan bantuan," paparnya. 

BACA JUGA:Polsek Wiyung Temukan Seorang Operator yang Lakukan Percobaan Bunuh Diri di Bawah Tol Gunung Sari

Kemudian penggunaan zat dan impulsif juga bisa menjadi faktor orang bunuh diri. Dalam hal ini, pengguna narkoba dan alkohol cenderung bertindak lebih impulsih dan spontan. Selanjutnya adalah mengalami penyakit kronis berakibat stres dan depresi kerena penyakitnya tidak kunjung sembuh. 

BACA JUGA:Diduga Bunuh Diri di Jembatan Tunggul Mas, Namun Tanpa Ceceran Darah

"Terisolasi secara sosial seperti kehilangan teman atau pasangan, sakit fisik maupun mental juga bisa menjadi salah satu penyebab orang bunuh diri, " jelasnya. 

Antony menerangkan, untuk mencegah hal tersebut harus memahami, pentingnya manfaat membangun kesehatan mental. 

"Seseorang dengan mental yang sehat akan memiliki pikiran yang lebih terfokus dan terarah sehingga memudahkan untuk mengumpulkan konsentrasi sehingga dapat melakukan aktivitas dengan maksimal, " jelasnya. 

BACA JUGA:Bunuh Diri Bukan Solusi, Ini Penyebabnya

Kesehatan mental, kata Antony adalah terwujudnya keserasian yang sungguh-sungguh antara fungsi-fungsi kejiwaan yang terciptanya penyesuaian diri antara manusia dangan dirinya sendiri dan lingkungannya, berlandaskan keimanan dan ketaqwaan, serta bertujuan untuk mencapai hidup yang bermakna dan bahagia di dunia dan di akhirat.

Pihaknya menelaah sejumlah faktor yang mempengaruhi kesehatan mental. Menurutnya kesehatan mental seseorang dapat berubah yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti genetik, pelecehan seksual, trauma masa lalu, pola hidup tidak sehat, dan cedera otak. 

"Jadi kesehatan mental sangat penting diperhatikan pada setiap tahap kehidupan, dari kecil hingga dewasa, " paparnya. 

BACA JUGA:Brigadir RA Tewas Bunuh Diri di dalam Mobil Alphard, Sepucuk Senpi HS Ditemukan

Antony menjelaskan bahwa kondisi gangguan mental bunuh diri akan sangat bergantung pada kerentanan masing-masing individu. 

BACA JUGA:Perampokan dan Pembunuhan Istri Agen BRI Link di Gresik, Sempat Dikira Bunuh Diri

"Kalau tekanan yang sama diberikan pada dua orang berbeda, mungkin satu akan mengalami depresi, namun satunya bisa jadi tidak. Ini bergantung pada seberapa rentan seseorang ketika mendapat tekanan. Jadi belum tentu bisa memicu atau menularkan ke orang lain untuk ikut bunuh diri, " ujarnya. 

Sumber: