Pemkot Surabaya Siapkan Infrastruktur Dukung Jatim Jadi Gerbang IKN

Pemkot Surabaya Siapkan Infrastruktur Dukung Jatim Jadi Gerbang IKN

Upacara peringatan HUT ke-79 Jatim di Balai Kota Surabaya.--

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Pemerintah Provinsi Jawa Timur, di Halaman Balai Kota Surabaya, Senin 14 Oktober 2024. 

Dalam kesempatan tersebut, Penjabat Sementara (PJs) Wali Kota Surabaya Restu Novi Widiani, membacakan sambutan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono tentang kesiapan Jatim menjadi gerbang menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) Baru.

Seusai pelaksanaan upacara, PJs Wali Kota Surabaya Restu Novi Widiani mengatakan bahwa Pemkot Surabaya siap mendukung Provinsi Jatim sebagai gerbang menuju IKN. Dimana, Kota Surabaya memiliki peran strategis sebagai wilayah penghubung atau Megapolitan Hub di Jatim. Kota Pahlawan juga terbukti telah mencapai berbagai prestasi sehingga menjadi contoh bagi kabupaten/kota lainnya di Provinsi Jatim. 

BACA JUGA:Pemkot Surabaya Matangkan Rencana Pemanfaatan Bekas Kantor Kecamatan Sambikerep

“Indikator keberhasilan Pemprov Jatim juga terjadi di Kota Surabaya, penurunan kemiskinan, peningkatan investasi, kebutuhan pangan dan sebagainya. Pemkot Surabaya juga terus melengkapi infrastruktur,” kata Restu. 

Selain itu, Pemkot Surabaya juga terus mengembangkan objek pariwisata sehingga bisa menarik minat para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. “Ini terus diupayakan karena Surabaya menjadi kota tujuan dari Jawa Timur, tentunya Pemkot Surabaya terus melakukan pemenuhan pelayanan masyarakat,” terangnya.

Ia membeberkan, dalam aspek pemenuhan pelayanan masyarakat, Pemkot Surabaya terus menyasar tiap wilayah di Kota Pahlawan. Bahkan, Kota Surabaya selalu menjadi rujukan atau percontohan bagi kabupaten/kota di Jatim. Apalagi Kota Pahlawan telah berhasil meraih prestasi dengan menyabet berbagai penghargaan. 

BACA JUGA:Rem Blong, Truk Proyek Pemkot Surabaya Tabrak Truk di Tol Perak

“Ada prestasi di sektor investasi, kemudian kinerja pemkot meraih SAKIP AA yang merupakan rujukan kabupaten/kota untuk menyaksikan atau belajar praktik baik di Surabaya. Sehingga Surabaya bisa mencapai kinerja baik dengan nilai sangat memuaskan,” bebernya.

Terlebih lagi, Pemkot Surabaya melakukan terobosan penting dengan menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam mengintegrasikan sistem perencanaan dan pengukuran kinerja birokrasi. “Kemudahan yang disajikan Pemkot Surabaya inilah yang mendukung Jawa Timur menjadi gerbang untuk menuju IKN,” tegasnya.

PJs Restu mengaku, sebelum melaksanakan masa cuti, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi telah terbukti menyiapkan segala indikator pencapaian, yang hingga saat ini terus dikejar. Dengan demikian, Pemkot Surabaya terus meningkatkan sarana dan prasarana.

BACA JUGA:Gempur Rokok Ilegal, Sinergi Pemkot Surabaya dan Bea Cukai Berhasil Cegah Kerugian Negara

Ia berharap, keberhasilan tersebut dapat diperkuat bersama partisipasi masyarakat dalam menjaga ketahanan Kota Pahlawan dari segala permasalahan sosial. Sebab, angka kemiskinan di Kota Pahlawan terus menurun, nilai investasi terus membaik, Fokompimda bergerak bersama, dan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum juga terus meningkat.

“Yang sudah baik akan terus dipertahankan. Yang penting, bisa menyemangati ASN, lalu memperkuat sinergitas Forkopimda, dan partisipasi masyarakat. Serta dunia usaha, yang sudah percaya berinvestasi di Surabaya, karena investasi yang tertinggi di dalam negeri itu Surabaya,” pungkasnya.

Sumber: