Grand Final Kakang Mbakyu: Pj Wali Kota Iwan Titip Promosikan Kota Malang Kota Kreatif Dunia

Grand Final Kakang Mbakyu: Pj Wali Kota Iwan Titip Promosikan Kota Malang Kota Kreatif Dunia

Prosesi pemberian apresiasi ‘Grand Final Kakang Mbakyu Kota Malang 2024’. --

MALANG, MEMORANDUM.CO.ID - Auditorium Malang Creative Center (MCC) nampak semarak oleh penampilan finalis Kakang Mbakyu Kota Malang, Sabtu 12 Oktober 2024. Warna-warni pakaian khas Kota Malang yang mereka kenakan, berpadu manis dengan sorot lampu panggung yang berkilauan.

Tari kontemporer diiringi rancak gamelan, ditambah teatrikal dan parikan, menciptakan suasana meriah gelaran ‘Grand Final Kakang Mbakyu Kota Malang 2024’. 

Tidak kalah dengan penampilan finalis Kakang Mbakyu, Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan ST MM yang membuka acara ini hadir dengan mengenakan pakaian khas Malangan berwarna merah hati lengkap dengan blangkon dan sembong.

BACA JUGA:Ribuan Anak Tak Kenal sekolah, Pemkot Malang Ambil Langkah

Pj Wali Kota nampak serasi dengan Pj Ketua TP PKK Kota Malang, Septiana Iwan Kurniawan, yang juga mengenakan gaun berwarna sama. Pun demikian juga dengan Sekda Kota Malang Erik Setyo Santoso ST MT dan Ketua Darma Wanita Persatuan Kota Malang Yuni Erik Setyo Santoso, yang hadir dengan pakaian senada.

Bukan semata harus unggul dalam penampilan, finalis Kakang Mbakyu ini juga dinilai kecakapan komunikasi dan kecerdasannya. Pj Wali Kota Iwan, bersama deretan tamu kehormatan mengajukan pertanyaan terkait bakat dan potensi diri untuk mempromosikan pariwisata Kota Malang.

Rupanya jawaban para finalis mengundang decak kagum ratusan pasang mata, tak terkecuali Pj Wali Kota Iwan. “Saya yakin dan percaya para pemuda pemudi Kota Malang ini mempunyai pemikiran inovasi yang kreatif dan sangat tinggi tentunya. Ini sangat dibutuhkan dari kami jajaran pemerintah daerah untuk membangun Kota Malang ke depan agar menjadi lebih baik,” ucap Pj Wali Kota Iwan. 

BACA JUGA:Pemkot Malang Raih Penghargaan UKPBJ Level 3 Proaktif, Pj Wali Kota Iwan: Bukti Tata Kelola Pengadaan Baik

Pj Wali Kota Iwan berharap Kakang Mbakyu sebagai Duta Wisata Kota Malang dapat aktif mempromosikan potensi kota ini. “Kami berharap agar Kakang Mbakyu ini bisa mengimplementasikan apa yang menjadi kebanggaan Kota Malang. Tujuannya untuk bisa menciptakan pariwisata yang lebih baik. Kita berada di Kota Malang tentunya kita harus berpikir keras dan kreatif kalau kita ingin membangun kota Malang dengan pariwisatanya,” urainya. 

Ke depan, Pj Wali Kota Iwan menyebut Kakang Mbakyu Kota Malang dapat ikut mempromosikan Kota Malang yang saat ini telah berkembang menjadi Kota Kreatif Dunia. “Saya optimis pariwisata Kota Malang akan terus berkembang dengan potensi yang luar biasa. Yaitu sebagai Kota Kreatif. Bahkan saat ini telah menuju Kota Kreatif Dunia. Saya yakin dengan peran duta wisata juga, kita dapat mengembangkan inovasi dan kreativitas untuk menciptakan pariwisata yang tidak kalah dengan yang ada di Kota Batu maupun Kabupaten Malang,” katanya.

Iwan Kurniawan berharap Kota Malang tersu menorehkan prestasi. “Iya betul, terkait keberhasilan dan kesuksesan kita bahwa Kota Malang telah lolos seleksi tahap terakhir di UNESCO untuk menjadi Kota Kreatif Dunia. Saya sangat berharap Kota Malang sukses menjadi kota kreatif dan menjadi anggota jejaring di UNESCO di tahun 2025. Ini tentu dibutuhkan dukungan dari semua pihak,” harap Pj Wali Kota Malang.

BACA JUGA:Pemkot Malang Raih Penghargaan UKPBJ Level 3 Proaktif, Pj Wali Kota Iwan: Bukti Tata Kelola Pengadaan Baik

Kehangatan acara kali ini ditutup dengan prosesi Pj Wali Kota Iwan menyerahkan piala bergilir kepada Kakang Mbakyu terpilih 2024. Yaitu, Kakang Nauval Hakim Rabbani dan Mbakyu Nova Astrina Rachmadani. Nampak Pj Wali Kota Iwan menyerahkan piala dengan penuh bangga, yang disambut senyum mengembang dari kedua duta wisata Kota Malang itu. (pkp/ari)

Sumber: