Kunjungi Inacraft 2024, Pj Wali Kota Malang Support Produk UMKM Go Internasional

Kunjungi Inacraft 2024, Pj Wali Kota Malang Support Produk UMKM Go Internasional

Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan didamoingi Pj Ketua Dekranasda Septiana Iwan Kurniawan menyemangati pelaku UMKM.--

JAKARTA, MEMORANDUM.CO.ID - Gelaran Inacraft 2024 yang bertajuk Inacraft On October telah berlangsung sejak tanggal 2 - 6 Oktober 2024, di JCC menarik perhatian Pj Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan ST MM.

Didampingi Pj Ketua Dekranasda Kota Malang, Septiana Iwan Kurniawan, orang nomor satu di Pemkot Malang ini mengunjungi dan berbelanja di stand Kota Malang. Stand Kota Malang ini merupakan salah satu dari 897 stand yang memamerkan produk unggulan.

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas Tata Kelola, Pj Walikota Iwan Tandantangani Komitmen Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip

Iwan Kurniawan mengatakan kehadirannya untuk mendukung dan memotivasi utamanya pelaku UMKM di Kota Malang.

“Kami berharap produk-produk UMKM yang ikut serta di Pameran Inacraft kali ini dapat semakin dikenal di tingkat nasional dan bisa memberikan nilai tambah bagi pengrajin lainnya sehingga UMKM kita bisa naik kelas dan go internasional,” katanya.

Iwan juga mengatakan bahwa Inacraft sebagai salah satu gelaran kerajinan terbesar di Asia Tenggara ini juga bertujuan untuk membangkitkan semangat dan perekonomian para pelaku UMKM, tak terkecuali bagi UMKM Kota Malang.

“Melalui gelaran ini, kita akan dorong bersama-sama agar UMKM Kota Malang dapat terus berkembang dan ekspor ke beberapa negara,” tambahnya.

BACA JUGA:Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Pj Wali Kota Iwan: Pancasila Penguat Kolaborasi Membangun Daerah

Sebagai informasi, Pemkot Malang melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang mengusung 2 UMKM pada Inacraft kali ini, yakni UMKM Violink dan UMKM Bu Farida Ecoprint.

Kedua UMKM ini membawa ciri khas budaya lokal dengan sentuhan modern dan inovatif. Beberapa produk yang ditampilkan adalah batik tulis, ecoprint, kerajinan tangan tas, dan beberapa produk makanan minuman khas Kota Malang.

BACA JUGA:Pemkot Malang Raih Penghargaan UKPBJ Level 3 Proaktif, Pj Wali Kota Iwan: Bukti Tata Kelola Pengadaan Baik

Ajang Inacraft on October 2024 dibuka langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki. Event bertema ‘Youthpreuner make it at market’ ini diikuti 784 peserta, 80 stand dari dinas, 27 stand kementerian/ BUMN, dan 6 stand mancanegara.

“Ini membuktikan industri kerajinan Indonesia terus tumbuh, inovasi berkembang. Yang terlibat sekarang anak muda, tertarik dalam produk kriya. Ini bukti kita miliki satu fondasi yang solid dan kuat untuk menjadikan ini sebagai kekuatan ekonomi domestik,” kata Teten Masduki. (pkp/ari)

Sumber: