5 Kegiatan Ini Bisa Tingkatkan Literasi, Bahkan Bisa Jadi Hobi Loh!

5 Kegiatan Ini Bisa Tingkatkan Literasi, Bahkan Bisa Jadi Hobi Loh!

--

Aktivitas satu ini mungkin sudah banyak yang melakukan, bahkan menadi kegiatan favorit atau hobinya. Menonton film, drama, series sudah mejadi kegitan sehari-hari yang bahkan apabila tidak dilakukan, kamu akan merasa kurang. 

Sebenearnya sama halnya dengan mambaca, kegiatan ini tidak terbatas akan sesuatu. Namun, sebisa mungkin kamu harus bisa menyaring mana tontonan yang akan memberikanmu wawasan lebih luas. Pilihlah film, drama dan series yang berkualitas. Mengangkat isu-isu terkini, permasalahan-permasalahan yang terjadi saat ini, sehingga bisa kamu ambil pelajarannya.

Selain film, drama dan series, kamu juga bisa menonton podcast-podcast yang sekarang banyak beredar. Carilah podcast-posdcast dengan pembahasan yang berbobot dan penuh akan wawasan. 

BACA JUGA:5 Aktor Korea Yang Pandai Berakting Ini Punya Hobi Unik, Salah Satunya Terobsesi Dengan Lubang Hidung

4. Berdiskusi

Diskusi merupakan kegiatan pertukaran pemikiran, gagasan atau pendapat antara dua orang atau lebih. Umumnya, karena diskusi merupakan pembicaraan terkait suatu masalah, sehingga perlu juga membicarakan solusinya. Namun terkadang, belum terpecahkan solusinya akibat beberapa hal, entah kurangnya wawasan atau yang lainnya. 

Dengan berdiskusi, kamu akan mendapatkan kesadaran dan pemahaman baru, wawasanmu akan bertambah luas. Jika kamu sering melakukannya, maka semakin banyak pula pemahaman-pemahaman dan wawasan-wawasan baru yang akan kamu dapatkan. Kegiatan ini juga seru untuk dijadikan hobi loh, apalagi jika kamu ekstrovet. Selain menambah wawasan, kamu juga akan mendapatkan relasi-relasi baru.

5. Berpikir

Berpikir merupakan kegiatan normal dan pasti dilakukan oleh semua manusia yang waras. Namun, yang dimaksud disini adalah berpikir dengan kritis. Berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir secara objektif dan rasional yang sebelumnya sudah dianalisis serta terdapat argumen dan bukti yang dapat diterima.

Sederhananya, berpikir kritis adalah kemapuan berpikir menggunakan proses analisa, bukan spontan. Jika ada masalah, kamu akan menganalisis terlebih dahulu, apa yang sebenarnya terjadi, cari informasi dan petunjuk-petunjuk lain, baru diramu dicari hasil atau solusinya. Sehingga, kamu tidak akan asal memberikan informasi dan pendapatmu. 

Aktivitas ini sangat penting kontribusinya dalam meningkatkan literasi karena bisa meminimalisir informasi atau berita-berita hoax.

BACA JUGA:Ternyata, Abun Sungkar Suka Banget Ngejar Adrenalin! Intip Hobinya yang Ekstrem

Itulah 5 kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan literasi. Mana yang akan kamu lakukan lebih dulu?

Sumber: