Kantah ATR/BPN Trenggalek Juara Best Catwal Lomba Fashion Show Hantaru 2024

Kantah ATR/BPN Trenggalek Juara Best Catwal Lomba Fashion Show Hantaru 2024

Iwi Pinartiwi bersama Pengantin Kebesaran Menak Sopal --

TRENGGALEK, MEMORANDUM.CO.ID - Dalam rangka memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) 2024, Kantor Pertanahan (Kantah) ATR/BPN Kabupaten Trenggalek turut serta mengikuti Lomba Fashion Show dan Solo Vocal, di Aula Reforma Agraria Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Timur, pada Kamis 26 September 2024.

Lomba Fashion Show dalam rangka memperingati Hantaru 2024 ini mengusung tema Busana Adat Pengantin Jawa Timur. Para peserta lomba merupakan perwakilan dari seluruh Kantor Pertanahan Kota dan Kabupaten se Jawa Timur. Total 40 pasang peserta yang mengikuti Lomba Fashion Show ini.

BACA JUGA:Kantah ATR/BPN Kabupaten Trenggalek Gelar Upacara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional Ke-64

Kantah ATR/BPN Kabupaten Trenggalek mengusung Tata Rias Penganten Kebesaran Menak Sopal Kabupaten Trenggalek. Di mana ciri khas dari busana dan tata rias pengantinnya bernuansa Bahari.

Itu karena Trenggalek merupakan daerah yang dikelilingi gunung dan berada di pesisir pantai selatan, yang mempunyai kekayaan laut seperti ikan, cumi-cumi, kerang, rumput laut, dan lain-lain. Kain dodotnya bermotif Mina Samudra, panjangnya 4 meter bermotif gambar kerang, terumbu karang, dan mempunyai nuansa laut yang kental. 

“Kabupaten Trenggalek sudah memiliki busana dan tata rias pengantin sendiri yang sudah dipakemkan. Jadi Penganten Kebesaran Menak Sopal yang kita pilih untuk dilombakan dalam Lomba Fashion Show Hantaru di Kanwil Jatim. Ini juga sebagai ajang untuk memperkenalkan busana dan tata rias pengantin dari Bumi Menak Sopal," ujar Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Pertanahan ATR/BPN Trenggalek, Iwi Pinartiwi, S.SiT, Sabtu 28 September 2024.

BACA JUGA:Ajak Kolaborasi Kreator Lokal Tombro Widodo, Kantah ATR/BPN Trenggalek Kenalkan Urgensi Sertipikat Elektronik

Pelaksanaan Lomba Fashion Show berjalan lancar dan meriah. Kantah ATR/BPN Kabupaten Trenggalek berhasil membawa pulang penghargaan Best Catwalk, karena mampu membawakan busana dan tata rias pengantin dengan baik. 

“Alhamdulillah Kantor Pertanahan Kabupaten Trenggalek mampu meraih penghargaan Best Catwalk dalam lomba ini. Semua tak lepas dari usaha dan kerja keras peserta, sehingga mampu membawakan dan menampilkan busana dan tata rias Penganten Kebesaran Menak Sopal," tambah Iwi.

BACA JUGA:Kakantah Kabupaten Trenggalek Mengoptimalkan Fungsi Tanah Melalui Pendaftaran Bidang Tanah Program PTSL

Lomba Fashion Show ini berperan penting sebagai salah satu upaya melestarikan kekayaan budaya daerah, khususnya busana adat pengantin Jawa Timur.

Dengan mengangkat busana tradisional, generasi muda dan masyarakat luas diingatkan akan pentingnya menjaga serta melestarikan warisan budaya yang telah diwariskan oleh leluhur.

Lomba ini juga sebagai sarana untuk mengenalkan busana adat pengantin Jawa Timur, dan dengan terlaksananya lomba ini juga diharapkan Kantor Pertanahan di seluruh Jawa Timur turut memperkuat identitas kultural setiap daerah di Jawa Timur. (*/fai)

Sumber: