Pertamina Ajak Media Ikuti Anugerah Jurnalistik

Pertamina Ajak Media Ikuti Anugerah Jurnalistik

AJP 2024 merupakan ajang jurnalistik tahunan dari Pertamina.--

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - PT Pertamina (Persero) melakukan edukasi dan sosialisasi kegiatan Anugerah Jurnalistik Pertamina 2024 (AJP) kepada media massa wilayah Jawa Timur, Bali serta Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur (Jatimbalinus). 

Sosialisasi dilakukan di Surabaya, secara tatap muka dan online, diikuti  ratusan insan media dari berbagai provinsi. 

Turut hadir berbagai entitas Pertamina Grup yang berada di wilayah Jatimbalinus, diantaranya Pertamina Hulu Energi (PHE), Regional Indonesia Timur PT Pertamina EP Cepu (PEPC), Pertamina Patra Niaga Pemasaran V Jatimbalinus,  SOR 3 Perusahaan Gas Negara, serta Pertamina International Shipping. 

BACA JUGA:Strategi Jitu Pertamina Hulu Energi Hadapi Era Energi Transisi

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, AJP 2024 merupakan ajang jurnalistik tahunan dari Pertamina, sebagai apresiasi untuk Insan Media di seluruh Indonesia yang telah membuat karya jurnalistik berkualitas bagi publik. Sosialisasi AJP saat ini gencar dilakukan Pertamina Group di berbagai wilayah, untuk mempererat hubungan Pertamina dengan media sekaligus memberi informasi terkini perkembangan bisnis Pertamina Grup. “Kegiatan AJP menjadi sarana Pertamina Grup untuk memberikan info perkembangan bisnisnya masing-masing supaya media memiliki pengetahuan mendalam terkait Pertamina," jelasnya. 

Eviyanti Rofraida, Sr Manager External Communications & Stakeholder Relationa PHE memaparkan Jawa Timur menjadi salah satu wilayah penghasil gas terbesar di Indonesia. Salah satunya melalui Lapangan Jambaran Tiung Biru (JTB) yang dikelola oleh anak usahanya yakni PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina. JTB mencatatkan kapasitas produksi full hingga 192 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD). Pada saat ini produksi gas JTB sudah terserap sekitar 125 MMSCFD.

Dengan capaian ini, PEPC JTB siap menyalurkan gas secara optimal ke industri di Jawa Timur dan utamanya Jawa Tengah seiring pengembangan pembangunan pipa gas Cirebon Semarang. 

BACA JUGA:Angkut Belasan Ribu Liter Pertalite, Truck Tangki Pertamina Terbakar dan Meledak di Tol Ngawi

Sementara dari bisnis pemasaran Pertamina, Ahad Rahedi Area Manager Communication Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus menjelaskan berbagai program serta inovasi yang dijalankan seperti program Subsidi BBM Tepat Sasaran sesuai regulasi pemerintah, yakni untuk BBM jenis Solar dan Pertalite. 

Di sektor laut, inovasi dijalankan Pertamina International Shipping (PIS) sebagai Sub Holding Integrated Marine Logistics (SH IML) yang memiliki peran penting sebagai urat nadi virtual untuk menyokong kelancaran distribusi energi nasional. Kapal-kapal PIS memastikan penyaluran energi secara tepat waktu, efektif, dan efisien. Didukung dengan kehadiran terminal energi dan jasa pelabuhan lainnya, untuk mendukung kelancaran penyediaan dan distribusi energi di seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu, Hamalsyahan selaku Division Head Regional Support & Services SOR 3 Perusahaan Gas Negara (PGN) mengungkapkan, peran PGN sebagai Subholding Gas Pertamina menyalurkan gas bumi yang merupakan energi bersih, ke konsumen akhir. Untuk wilayah PGN SOR 3, konsumennya terdiri dari komersial - industri, pelanggan kecil, dan rumah tangga dengan jaringan gas lebih dari 203 ribu pelanggan. 

BACA JUGA:Ngeri! 2 Perahu Tertimpa Rumah Kontainer Pertamina, 8 Nelayan asal Gresik Belum Ditemukan

Melalui sosialisasi dan pemberian informasi bisnis terkini, Fadjar berharap media dapat menjadi agen informasi kepada masyarakat terkait akselerasi energi sesuai tema AJP Pertamina 2024 Energizing The Acceleration.

“Pertamina menantikan karya-karya terbaik dan edukatif dari seluruh insan media untuk dikompetisikan pada AJP 2024,” pungkas Fadjar.(day)

Sumber: