Samsul Hidayat Berpeluang Jadi Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan

Samsul Hidayat Berpeluang Jadi Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan

Samsul Hidayat. -Muhamad Hidayat-

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Penantian siapa yang bakal menduduki kursi Ketua DPRD Kabupaten perlahan mulai terjawab. Ya, nama Samsul Hidayat menjadi satu-satunya nama yang direkom DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk diusulkan sebagai kandidat Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan

BACA JUGA:50 Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Periode 2024-2029 Dilantik

Nama Samsul saat ini sudah diberikan surat pengantar oleh DPC PKB Kabupaten Pasuruan untuk ditujukan kepada lembaga DPRD Kabupaten Pasuruan. 

"Ya, benar. Memang sudah kita buatkan surat pengantarnya ke dewan, beberapa hari yang lalu. Kita ajukan surat dari DPP PKB hasil UKK tahap 1 dan UKK tahap 2," ujar Plt Ketua DPC PKB Kabupaten Pasuruan, Hindun Anisah, Selasa 10 September 2024. 

BACA JUGA:50 Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Bakal Dilantik Rabu Besok

Hindun menjelaskan, keputusan siapa kandidat yang diusung partainya untuk diberikan rekomendasi menduduki Ketua DPRD adalah murni keputusan DPP PKB. Hal ini merujuk dari hasil penilaian uji kelayakan dan kepatutan (UKK) yang diselenggarakan DPP PKB di Jakarta. 

Pada UKK pertama, Juli 2024 lalu, ada 4 dari 5 kandidat yang dipanggil untuk mengikuti UKK tahap 1 di Jakarta. Keempat anggota dewan dari PKB yang hadir adalah Abdul Karim, M Shobih Asrori, Samsul Hidayat dan Yusuf Danial. Sementara satu orang dinyatakan absen karena tidak hadir yakni, Helmi Sudiono Fauzan. Sehingga otomatis nama Helmi tidak lolos di tahap 2. 

BACA JUGA:Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Dibayangi Molor Renovasi Gedung

Nah, pada UKK tahap 2 sekitar Agustus 2024, hanya ada 2 kandidat yang lolos. Yakni M Shobih Asrori dan Samsul Hidayat. Keduanya ini kemudian digodok DPP PKB untuk dilakukan finalisasi. 

BACA JUGA:Kantor DPRD Kabupaten Pasuruan Resmi Pamerkan Display Produk Unggulan

Namun dalam perjalanan dinamika politik berkata lain. Gus Shobih Asrori saat itu sudah terdengar akan menyeberang sebagai kandidat bakal calon dalam Pilkada 2024. Sehingga secara kebijakan, DPP PKB pun menjatuhkan pilihan kepada Samsul Hidayat untuk berpeluang sebagai calon Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan periode 2024-2029. 

"Saya menilai Pak Samsul ini kan sudah berpengalaman sebagai anggota DPRD beberapa kali. Beliau juga pernah menjadi Ketua Fraksi FKB juga. Lagi pula, beliau juga mendapat suara terbanyak di PKB dalam dua periode ini. Jadi saya kira pantas kita ajukan," tegas Hindun mengurai track record politisi asal Gempol ini. 

BACA JUGA:DCT Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Amburadul

PKB Kabupaten Pasuruan dalam pileg 2024 menjadi parpol pemenang dengan perolehan kursi terbanyak,  yakni 14 kursi. Hal ini memastikan PKB memiliki hak untuk menduduki kursi sebagai Ketua DPRD.

Sumber: