Diskominfo Lumajang Dorong Digitalisasi untuk Tingkatkan PAD dan Transparansi Keuangan Daerah

Diskominfo Lumajang Dorong Digitalisasi untuk Tingkatkan PAD dan Transparansi Keuangan Daerah

Mustakim ( pakai batik kopiah hitam) Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ( Diskominfo ) Lumajang--

LUMAJANG, MEMORANDUM.CO.ID - Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lumajang, Mustaqim menegaskan pentingnya digitalisasi dalam memperkuat tata kelola pemerintahan.

Menurutnya, percepatan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan kunci untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta mewujudkan transparansi dan akuntabilitas keuangan.

"Kami di Diskominfo berkomitmen penuh untuk mendorong digitalisasi, khususnya dalam transaksi keuangan daerah. Langkah ini sangat penting agar potensi PAD dapat dimaksimalkan dan pengelolaan keuangan menjadi lebih efisien dan transparan," ungkap Mustaqim dalam keterangannya melalui telepon seluler, Jumat 5 September 2024.

BACA JUGA:Dinas Kesehatan Lumajang Gandeng SMAN 1 Kunir Gelar Pola Hidup Sehat pada Remaja

Muqtaqim juga mengungkapkan, bahwa digitalisasi di Lumajang tidak hanya akan berfokus pada transaksi keuangan, tetapi juga mencakup sektor-sektor lain yang berpotensi mendongkrak pendapatan pemerintah daerah.

"Kami berharap, dengan dukungan penuh dari seluruh perangkat daerah, digitalisasi akan membawa Lumajang ke arah yang lebih maju, baik dalam hal pengelolaan keuangan maupun pelayanan publik," terang dia.

BACA JUGA:Dinas PUTR Kabupaten Lumajang Angkat Bicara Terkait Akses Kawasan Wisata Sumber Takir yang Rusak

Peningkatan skor Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) Kabupaten Lumajang, yang kini mencapai 94 poin, menjadi salah satu indikator keberhasilan awal transformasi digital tersebut. Skor ini menandai kemajuan dalam pengelolaan keuangan daerah yang lebih transparan, akuntabel, dan efisien.

"Langkah ini bukan hanya soal meningkatkan angka, tetapi tentang menciptakan ekosistem keuangan daerah yang lebih modern dan terpercaya. Kami optimis, ke depan, transformasi ini akan semakin memperkuat posisi Lumajang sebagai daerah yang unggul dalam penerapan teknologi digital di bidang keuangan pemerintahan," pungkasnya.

Dengan strategi digitalisasi yang terus didorong oleh Diskominfo, Kabupaten Lumajang diharapkan mampu mempercepat pencapaian target-target keuangan, serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat melalui sistem yang lebih efisien dan terintegrasi. ( Ags )

Sumber: