Polres Tulungagung Gelar Apel Pasukan Pengamanan Pilkada

Polres Tulungagung Gelar Apel Pasukan Pengamanan Pilkada

Kapolres Tulungagung AKBP Mohammad Taat Resdi memberikan semangat kepada pasukan.-Ahmad Rifai-

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM.CO.ID - Polres Tulungagung menggelar apel pasukan dalam rangka pengamanan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2024 di Halaman Kantor Pemkab Tulungagung, Senin 20 Agustus 2024.

Kapolres Tulungagung AKBP Mohammad Taat Resdi memimpin langsung kegiatan ini dengan didampingi Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno dan Komandan Kodim 0807/Tulungagung Letkol Kav Muhammad Nashir.

BACA JUGA:Kapolresta Malang Kota Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Semeru 2024

Usai memimpin apel, Kapolres Taat bersama Forkopimda Tulungagung memeriksa kesiapan pasukan dan sarpras yang disiagakan dalam pelaksanaan pemahaman Pilkada 2024.

Di hadapan awak media, Kapolres Taat mengatakan kegiatan ini berlangsung selama 135 hari. Terhitung mulai 19 Agustus sampai 31 Desember 2024 mendatang.

BACA JUGA:Polresta Sidoarjo Gelar Latpraops Mantap Praja

Total ada 4.294 personel gabungan dari Polisi, TNI, satpol PP, serta linmas yang disiagakan untuk memastikan pelaksanaan tahapan Pilkada 2024 sampai selesai berjalan aman dan lancar.

"Kita berharap, kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi pelaksanaan pilkada dan memastikan terciptanya harkamtibmas selama tahapan pilkada sampai akhir pelaksanaannya," ujarnya.

BACA JUGA:Gelar Latpraops Mantap Praja Semeru 2024, Polres Lumajang Siapkan Pengamanan Pilkada

Kapolres Taat mengaku telah melakukan pemetaan lokasi rawan. Termasuk lokasi tempat pemungutan suara ( TPS ) yang masuk kategori rawan di Kabupaten Tulungagung.

Pemetaan ini menjadi dasar strategi dan pola pengamanan saat pelaksanaan pilkada mendatang. Taat mencontohkan, untuk TPS yang rawan maka akan ada kombinasi anggota pengamanan yang disiagakan di lokasi itu, terdiri dari Polisi, TNI, dan linmas.

BACA JUGA:Kapolres Lumajang Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Semeru 2024

"Misal ada satu TPS dimasukkan dalam kategori rawan, maka akan kami siagakan personel gabungan dari Polri, TNI dan Linmas di lokasi tersebut," tuturnya.

Pihaknya menyebut, salah satu tahapan yang mendapatkan perhatian dalam hal pengamanan adalah tahapan pendaftaran calon kepala daerah yang akan digelar mulai tanggal 27-29 Agustus 2024.

Sumber: