Survei Gus Mujib Masih Teratas, Cawabup Pasuruan Terkuat Bukan Struktur PDI-P

Survei Gus Mujib Masih Teratas, Cawabup Pasuruan Terkuat Bukan Struktur PDI-P

Gus Mujib (baju putih) saat konferensi pers mengapresiasi hasil survey sementara dari lembaga Avemedia Research.-Muhamad Hidayat-

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Jika Pilkada 2024 Kabupaten Pasuruan digelar sekarang, mungkin Gus Mujib dinobatkan sebagai pemenangnya. Demikian hasil survei yang dirilis oleh Avemedia Research, lembaga survei yang mendampingi DPC PKB Kabupaten Pasuruan

Direktur Avemedia Research Riyan memaparkan hasil survei yang dilakukan lembaganya per 10-14 Agustus 2024. 

Dari hasil survei tersebut, nama politisi yang diusung PKB, Gus Mujib masih menduduki tokoh teratas dibandingkan jajaran tokoh lainnya. 

"Pilkada itu urusannya lebih ke penokohan atau sosok personal. Dari hasil survei yang kami lakukan, Gus Mujib mendapatkan angka popularitas, elektabilitas, dan akseotabitas lebih besar mengungguli tokoh-tokoh lainnya," ujar Riyan saat diundang di kantor DPC PKB Kabupaten Pasuruan untuk menyampaikan hasil surveinya. 

Saat pemaparan itu, Riyan didampingi Plh DPC PKB Sudiono Fauzan, bakal calon Bupati Gus Mujib, beberapa anggota FKB DPRD dan juga tokoh perempuan, Nyai Uci Nurul Hidayati. 

Metode riset yang digunakan Avemedia dalam menggunakan samplingnya yakni multistage random sampling proporsional. Dengan jumlah sampel mencapai 623 responden di 24 kecamatan. Sampel diambil dari 145 desa/kelurahan. Mulai dari RT sebanyak 312 dan 155 RW. 

"Kami menggunakan metode wawancara dan tatap muka. Dengan margin error sekitar 4 persen. Ini masih sementara. Masih ada tahapan survei selanjutnya," cetus Riyan. 

Dari hasil popularitas misalnya, Gus Mujib diklaim lebih populer dengan angka 86 persen. Di bawahnya Rusdi Sutejo 55,5 persen, Mufti AN Anam 53 persen dan Ramdhanu Dwiyantoro dengan 24,1 persen. 

Begitu pula dengan elektabilitasnya, Gus Mujib masih diunggulkan dengan 53,9 persen. Rusdi Sutejo 11,1 persen dan Mufti AN Anam dengan 6,6 persen. 

Sedangkan akseptabilitas (daya penerimaan masyarakat terhadap calon), Gus Mujib pun dianggap paling superior. Yakni di angka 58,4 persen. Rusdi 16,3 persen dan Mufti dengan 10,1 persen.

"Gus Mujib ini paket tokoh yang komplit. Jadi lawan siapapun kalau Pilkada digelar hari ini, beliau pemenangnya," tutur Sudiono Fauzan.

Hanya saja, ketika ditanyakan awak media soal sosok elektabilitas cawabup yang layak mendampingi Gus Mujib, dari sini memunculkan debatable. Karena nama-nama tokoh yang disandingkan Gus Mujib yang mendapat persentase suara besar, diluar ekpektasi. 

Misalnya nama-nama yang diprediksi mendapat suara besar sebagai cawabup adalah Mufti Anam 25 persen, lalu Rusdi Sutejo 20,8 persen, Sudiono Fauzan 6 persen dan Ramdhanu 5 persen. Sementara nama struktur DPC PDI-P atau tokoh yang digadang-gadang masuk mendampingi Gus Mujib seperti Andri Wahyudi, Muhammad Zaini atau Ning Wardah (istri Mufti Anam) justru tidak masuk 5 besar dalam survei. 

"Ya tentu masih ada kegiatan survei-survei lain. Hari ini mungkin survei tokoh atau calon bupati dan wakil bupati. Besoknya bisa jadi survei pasangan calon, survei masa kampanye, survei menjelang coblosan dan seterusnya," ternag Riyan. (mh)

Sumber: