Kemenkumham Wujudkan Indonesia Emas 2045 Jadi Penekanan Kakanwil di Hari Pengayoman Ke-79

Kemenkumham Wujudkan Indonesia Emas 2045 Jadi Penekanan Kakanwil di Hari Pengayoman Ke-79

Kanwil Kemenkumham Maluku melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pengayoman Ke-79 --

AMBON, MEMORANDUM.CO.ID - Menjadi hari bersejarah bagi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia. Kanwil Kemenkumham Maluku melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pengayoman Ke-79 Tahun 2024 yang dipusatkan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Ambon dipimpin oleh Kakanwil Kemenkumham Maluku Hendro Tri Prasetyo sebagai Inspektur Upacara, Senin 19 Agustus 2024.

Pada peringatan tahun ini, diusia yang ke-69 secara nasional mengusung tema “Kementerian Hukum dan HAM Mengabdi Untuk Negeri Menuju Indonesia Emas 2045” yang secara harfia memberikan penekanan tentang pentingnya peran Kemenkumham dalam mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045.

BACA JUGA:Peringati HUT RI Ke-79 serta Hari Pengayoman Ke-79, Kemenkumham Maluku Laksanakan Doa dan Dzikir Bersama

“Kemenkumham berperan sebagai pilar penting dalam menciptakan masyarakat yang adil, sejahtera, dan berkeadilan dalam menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Hendro saat menyampaikan sambutan Menteri Yasonna.

Visi Indonesia Emas 2045, menurut Hendro, menuntut transformasi besar di berbagai sektor, termasuk hukum dan HAM. Kemenkumham berkomitmen untuk memperkuat sistem hukum yang lebih transparan dan akuntabel melalui pembaruan regulasi dan peningkatan akses masyarakat terhadap keadilan.

BACA JUGA:Audiensi bersama Pj Gubernur, Kakanwil Kemenkumham Maluku Bahas Remisi dan Layanan Kesehatan Lapas

Selain itu, Kemenkumham juga akan fokus pada pendidikan hukum masyarakat untuk meningkatkan kesadaran hukum dan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam penegakan hukum.

“Kemenkumham berencana memperluas program edukasi dan sosialisasi hukum agar masyarakat tidak hanya menjadi objek hukum, tetapi juga subjek yang aktif dalam menciptakan keadilan,” tambah Hendro.

BACA JUGA:Pererat Kerja Sama dengan Unpatti, Kakanwil Kemenkumham Maluku Support Layanan Easy Passport

Hendro mengakui bahwa perjalanan menuju Indonesia Emas 2045 dipenuhi dengan tantangan, seperti reformasi birokrasi, pelayanan publik, dan penanganan kasus pelanggaran HAM. Namun, ia optimis bahwa dengan semangat kolaborasi dan inovasi, tantangan tersebut dapat diatasi.

“Bapak, Ibu, dan para hadirin yang saya hormati, sebagai insan pengayoman, kita memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar,” tegas Hendro. Ia menekankan pentingnya integritas, profesionalisme, dan sikap melayani dalam menjalankan tugas sebagai aparatur penegak hukum.

BACA JUGA:Lepas Wisudawan Purnabhakti Pengayoman, Kakanwil Hendro: Terima Kasih Atas Dedikasi Bagi Kemenkumham Maluku

Di akhir sambutannya, Hendro menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Kemenkumham atas dedikasi dan kerja kerasnya. Ia berharap seluruh insan pengayoman dapat terus menjaga integritas dan profesionalisme untuk mewujudkan Kemenkumham yang lebih baik dan berkontribusi bagi bangsa.

Upacara ini sekaligus dirangkaikan dengan Syukuran yang merupakan puncak dari seluruh rangkaian Peringatan Hari Pengayoman ke-79 Tahun 2024. Untuk diketahui, sebelumnya terhitung dari tanggal 14 Juli 2024 telah dilaksanakan berbagai rangkaian kegiatan yang dibuka dengan Doa Kumham untuk Negeri, selanjutnya perlombaan olahraga dan seni, pameran pelayanan publik, bakti sosial, hingga penyuluhan hukum serentak.(mik)

Sumber: