Hadiri Upacara Penurunan Bendera Merah Putih, Menteri AHY Kenakan Baju Adat Daerah Sulawesi Selatan

Hadiri Upacara Penurunan Bendera Merah Putih, Menteri AHY Kenakan Baju Adat Daerah Sulawesi Selatan

AHY bersama Anissa Pohan.--

MEMORANDUM.CO.ID - Sebagai penutup dari rangakaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilangsungkan di Ibu Kota Nusantara (IKN), digelar Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Saka Merah Putih. 

Upacara dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dilaksanakan di Lapangan Upacara Istana Garuda, IKN pada Sabtu 17 Agustus 2024.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) turut mengikuti rangkaian upacara tersebut.

BACA JUGA:Peringati HUT ke-79 RI di IKN, Menteri AHY Kenakan Baju Adat Ini

BACA JUGA:Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

Kali ini, AHY yang didampingi Pembina IKAWATI Kementerian ATR/BPN, Annisa Pohan Yudhoyono, mengenakan pakaian adat daerah dari Provinsi Sulawesi Selatan. 

Keduanya memakai Baju Bodo (untuk wanita) dan Baju Jas Tutu' (untuk laki-laki) berwarna merah.

"Kita juga ingin menghormati (masyarakat, red) di sini selain masyarakat Kalimantan, Dayak, Melayu, tapi banyak juga orang Bugis. Jadi cocok rasanya untuk mengikuti kegiatan sore ini dengan pakaian ini," terang Menteri AHY, saat ditemui sebelum mengikuti Upacara Penurunan Bendera Merah Putih.

BACA JUGA:Menteri AHY Serahkan Sertipikat Tanah Elektronik untuk Kampung Adat Kranggan

BACA JUGA:Presiden Jokowi Anugerahkan Bintang Mahaputra Nararya untuk Menteri AHY

Dalam rangkaian upacara yang diikuti pada peringatan HUT RI ini, Menteri AHY mengenakan dua pakaian adat daerah. Di pagi hari, AHY memakai Baamar Galung Pancar Matahari berwarna putih gading, pakaian adat daerah dari Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. 

Menurut Annisa Pohan Yudhoyono, pilihan warna pakaian yang dikenakan hari ini untuk merepresentasikan lambang negara.

 "Tadi pagi kita pilih warna putih, untuk sore ini kami pilih warna merah, jadi merah-putih, melambangkan (bendera) Indonesia," ucap Pembina IKAWATI Kementerian ATR/BPN.

Hadir pula pada kegiatan tersebut, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN yang juga selaku Plt. Wakil Kepala Otorita IKN, Raja Juli Antoni. Kali ini, Raja Juli memakai pakaian adat daerah dari Suku Baduy yang berasal dari Provinsi Banten.

Sumber: