Upacara Kemerdekaan RI ke-79, Warga PSHT: Pesan Moral Meneruskan Perjuangan dengan Pembangunan

Upacara Kemerdekaan RI ke-79, Warga PSHT: Pesan Moral Meneruskan Perjuangan dengan Pembangunan

Upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI warga PSHT di tengah jalan depan kantor Desa Karangwedoro, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur--

LAMONGAN, MEMORANDUM.CO.ID - Warga PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate) mengadakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI di tengah jalan depan kantor Desa Karangwedoro, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan, Sabtu 17 Agustus 2024.

Perayaan kemerdekaan dengan menggelar upacara warga PSHT ini pertama kalinya untuk memberikan pesan moral kepada pemerintah dan kita semua sebagai generasi penerus bangsa tentang pentingnya meneruskan perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dimasa lalu.

"Mengisi kemerdekaan bersama sama pemerintah dan masyarakat dengan melaksanakan pembangunan," kata Pembina Upacara M. Alfan yang juga ketua Rayon PSHT Karangwedoro ini.

BACA JUGA:Jelang HUT Ke-79 Kemerdekaan RI, Pj Wali Kota Batu Bersama PSHT Bersih-bersih TMP Untung Suropati

BACA JUGA:1.600 Petugas Gabungan Diterjunkan, Pengesahan Warga Baru PSHT Tulungagung Aman Kondusif

Selain itu, kegiatan upacara seperti ini, Alfan berhatap, agar bisa lebih menumbuhkan rasa nasionalisme kepada seluruh warga umumnya dan khususnya untuk warga PSHT Rayon Karangwedoro.

"Jiwa nasionalisme harus selalu tumbuh dan berkembang didalam hati seluruh warga," pintanya.

Peringatan Proklamasi Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia mengusung tema besar 'Nusantara Baru, Indonesia Maju'. Tahun 2024 bertepatan dengan pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dan pergantian kepemimpinan di Indonesia.

BACA JUGA:Penuh Nilai Persaudaraan dan Budaya, PSHT Blitar Lakukan Pengesahan Warga Baru

BACA JUGA:Ketua PSHT Cabang Surabaya AKBP (Purn) Sudamiran: Kami Mengedepankan Cinta Damai dan Jauhi Kekerasan

Sementara itu, Ah. Ubaidillah selaku sesepuh dan yang mbabat alas (yang membawah PSHT di desa Karangwedoro) menyampaikan bahwa kegiatan yang baik ini jangan hanya dilakukan tahun ini saja. 

Namun demikian, setiap tahun harus dilakukan, serta berharap kegiatan seperti ini bisa diikuti oleh rayon-rayon lain yang ada di Kecamatan Turi dan seterusnya bisa dilaksanakan nantinya se- Kabupaten Lamongan.

"Fakta singkat, Di masa lalu, kemerdekaan terutama dimaknai sebagai pembebasan dari belenggu penjajahan fisik. Di masa kini, kemerdekaan dimkanai lebih luas, antara lain mencakup juga hak untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas, akses terhadap kesehatan yang memadai, peluang ekonomi yang setara, kebebasan dari diskriminasi, hingga kebebasan dari langkah kriminalisasi dan represi penguasa." Ucapnya

BACA JUGA:Pengesahan Warga Baru PSHT, Polres Lamongan Sekat Arus Lintas

Sumber: