Personil Sispamkota Batu Halau Massa Demonstran

Personil Sispamkota Batu Halau Massa Demonstran

Petugas sigap dalam simualsi pengamanan kota.--

BATU, MEMORANDUM.CO.ID - Batu mencekam, di kawasan JP3 Kota Batu ratusan massa yang melaksanakan aksi demonstrasi damai berubah menjadi anarkis dan menyerang petugas kepolisian yang berjaga.

Berawal Aksi damai hingga akhirnya situasi berubah memanas dan ratusan massa terprovokasi hingga melakukan aksi pelemparan dan penyerangan pada petugas kepolisian yang bertugas mengamankan jalannya aksi.

Petugas kepolisian berusaha melakukan pendekatan persuasif guna menenangkan massa, namun massa tidak menghiraukan. Massa mulai meneriakkan yel yel yang anarkis dan mulai melempari petugas, situasi semakin memanas Ketika masa mencoba menerobos barikade Polisi.

BACA JUGA:Polrestabes Surabaya Gelar Sispamkota di KPU, Antisipasi Potensi Kerawanan

BACA JUGA:Polres Tulungagung Gelar Simulasi Sispamkota Hadapi Pilkada 2024

Situasi yang semakin genting mengakibatkan Kapolres Batu mengerahkan dalmas Satuan Samapta dan satuan lain dari Polres Batu serta Sat Brimob. Dengan kekuatan penuh pasukan gabungan bergerak cepat mengamankan lokasi dan memukul mundur massa, sehingga situasi Kembali kondusif.

Demikian Simulasi Pengamanan Kota (SISPAMKOTA) yang digelar oleh Polres Batu dalam rangka Operasi Mantap Praja Semeru 2024 guna menghadapi Pilkada Serentak 2024, di Halaman parkir Jatim Park 3.

BACA JUGA:Polresta Sidoarjo Gelar Simulasi Sispamkota

BACA JUGA:Sispamkota Digelar di Pendopo Malowopati, Cegah Potensi Konflik Selama Tahapan Pemilu di Bojonegoro

Kapolres Batu, AKBP Andi Yudha Pranata SH SIK MSi menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan guna kesiapan seluruh komponen baik Polri, TNI, serta pemerintah untuk mensukseskan Pilkada 2024.

“Jadi menjelang Pilkada Serentak 2024, Polres Batu telah menyiapkan sejumlah persiapan. Salah satunya adalah Apel gelar dan Simulasi Pengamanan Kota (SISPAMKOTA) guna gambaran jika terjadi aksi anarkis,” kata Kapolres Batu.

Melalui simulasi tersebut, petugsa kepolisian bersama dengan instansi terkait melakukan simulasi dari awal tahapan Pilkada hingga simulasi jika terdapat penolakan hasil suara hingga berujung kerusuhan.

“Inti daripada gelar pasukan dan SISPAMKOTA ini pihaknya ingin memastikan kesiapan dan pemahaman personil terkait pengamanan dalam tahapan Pilkada serta mengantisipasi adanya potensi gangguan kamtibmas dalam tahapan Pilkada serentak 2024,” terang Andi Yudha Pranata.

BACA JUGA:Sispamkota Ops Mantap Brata 2023-2024, Polres Lamongan Siap Amankan Pemilu 2024

Sumber: