Polresta Sidoarjo Gelar Simulasi Sispamkota

Polresta Sidoarjo Gelar Simulasi Sispamkota

Simulasi Sispamkota (Sistem Pengamanan Kota) yang digelar Polresta Sidoarjo-Biro Sidoarjo-

SIDOARJO, MEMORANDUM - Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Polresta Sidoarjo menggelar sejumlah persiapan. Salah satunya simulasi Sispamkota (Sistem Pengamanan Kota).

Sispamkota diadakan di Parkir Timur GOR Sidoarjo, Selasa 6 Agustus 2024. Dihadiri Wakapolresta Sidoarjo Kombespol Deny Agung Andriana, perwakilan dari jajaran TNI, Pemkab Sidoarjo, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Linmas, Sat Brimob Polda Jatim, Bakesbangpol, Bawaslu, KPU serta sejumlah elemen masyarakat.

Dalam simulasi pengamanan Pilkada tersebut, menunjukkan saat situasi proses Pilkada berlangsung. Di mana petugas kepolisian bersama TNI dan stake holder terkait melakukan proses pengamanan gudang logistik KPU, lalu dilanjutkan tahap pengamanan tahap awal pemilihan kepala daerah, penghitungan surat suara sampai terjadi penolakan terkait hasil suara dari salah satu Paslon dan simpatisannya.

Diperagakan pula saat situasi terjadinya kerusuhan, sementara petugas Dalmas Satuan Samapta dan satuan lain dari Polresta Sidoarjo di back up TNI dan Satuan Brimob Polda Jawa Timur, mengupayakan massa yang mulai anarkis dapat dikendalikan hingga bergerak mundur, sampai pagelaran Pilkada 2024 selesai dan situasi kembali kondusif.

BACA JUGA:Satreskrim Polresta Sidoarjo Bekuk Buron Penipuan Jemaah Umrah dan Haji

Kegiatan sistem pengamanan Kota yang dilakukan Polresta Sidoarjo ini, guna memastikan kesiapan dan pemahaman personel pengamanan dalam mengantisipasi potensi gangguan Kamtibmas menjelang pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024, di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

"Untuk kesiapan dalam pengamanan setiap tahapan Pilkada serentak 2024 kita memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya proses demokrasi ini. Kepada seluruh anggota yang terlibat dalam pengamanan untuk tetap semangat, menjaga kebersamaan dan profesional dalam menjalankan tugas," jelas Wakapolresta Sidoarjo.

Optimisme mewujudkan Kabupaten Sidoarjo yang aman dan kondusif, diharapkan pelaksanaan Pilkada serentak 2024 akan berlangsung sukses. Karenanya melalui berbagai persiapan yang telah dilakukan, Polresta Sidoarjo beserta stake holder terkait siap mengawal dan mengamankan seluruh rangkaian kegiatan Pilkada serentak 2024.(im/jok)

Sumber: