Detik-detik Proklamasi, Bupati Lamongan Sematkan Lencana dan Piagam Penghargaan

Detik-detik Proklamasi, Bupati Lamongan Sematkan Lencana dan Piagam Penghargaan

Upacara peringatan detik-detik proklamasi pada Hari Ulang Tahun ke 79 kemerdekaan RI, di Alun-alun Kabupaten Lamongan--

LAMONGAN, MEMORANDUM.CO.ID - Pada upacara peringatan detik-detik proklamasi pada Hari Ulang Tahun ke 79 kemerdekaan RI, di Alun-alun Kabupaten Lamongan.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi sematkan lencana dan piagam penghargaan desa mandiri kepada 69 desa yang ada di Kabupaten Lamongan. Sabtu 17 Agustus 2024.

69 desa mandiri tersebut telah memenuhi Indeks Desa Membangun (IDM). IDM sendiri merupakan indeks komposit yang dibentuk dari tiga indeks, meliputi Indeks Ketahanan Sosial (IKS), Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE), dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan (IKL). 

Pemenuhan kriteria menunjukkan kondisi desa yang semakin baik dari segi sosial, ekonomi, dan ekologi.

Sehingga saat ini, tercatat ada 52% desa mandiri yang ada di Kabupaten Lamongan atau sejumlah 239 desa mandiri, dari jumlah total desa yang ada di Kabupaten Lamongan yakni 462 desa.

BACA JUGA:Upacara Kemerdekaan RI ke-79, Warga PSHT: Pesan Moral Meneruskan Perjuangan dengan Pembangunan

BACA JUGA:Upacara Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di Ponpes eLKISI Mojokerto

Usai memimpin upacara, Bupati Lamongan yang akrab disapa Pak Yes ini melanjutkan menyerah kan remisi kepada 457 narapidana yang ada di Lapas IIB.

Remisi tersebut diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi syarat administratif dan substantif. Juga diberikan sebagai bentuk penghargaan kepada narapidana yang bersungguh-sungguh mengikuti program pembinaan.

Salah satu penerima remisi umum ialah Parsimin bin Lamijo yang terjerat kasus penipuan. Dan ditetapkan menerima remisi dua bulan.

Dengan balutan baju adat Padang, Pak Yes juga menyalurkan bantuan sosial berupa uang tunai kepada Veteran Pejuang Kemerdekaan, sebagai bentuk penghormatan jasa para pahlawan yang telah lalu.

BACA JUGA:Upacara Peringatan HUT RI Ke-79, Penguatan Hukum dan HAM Mengiringi Pertumbuhan Ekonomi Menuju Indonesia Emas

BACA JUGA:Peringatan Ke-79 HUT RI, Bupati Lamongan Minta Masyarakat Harus Merayakan Kemerdekaan dengan Karya

Usai merampungkan rangkaian upacara, orang nomor satu di Kota Soto beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lamongan pun turut semarakkan upacara HUT RI di Istana Negara Ibu Kota Nusantara dan Istana Merdeka Jakarta secara dalam jaringan di Pendopo Lokatantra.

Sumber: